kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45896,66   8,93   1.01%
  • EMAS1.363.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agung Podomoro (APLN) Catatkan Pendapatan Rp 1,15 Triliun di Kuartal I-2023


Sabtu, 29 April 2023 / 11:06 WIB
Agung Podomoro (APLN) Catatkan Pendapatan Rp 1,15 Triliun di Kuartal I-2023
ILUSTRASI. The Premiere Hills kawasan prestisius di wilayah Kalimantan Timur, mahakarya terbaik Agung Podomoro Group terus berinovasi mengembangkan hunian sesuai dengan minat pasar.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) mencatatkan penjualan dan pendapatan usaha sebesar Rp 1,15 triliun di kuartal I-2023. Jumlah ini turun 8,58% dibandingkan periode sama tahun 2021 sebesar Rp 1,26 triliun. 

Perusahaan properti ini membukukan laba kotor sebesar Rp 380,2 miliar. Laba kotor APLN turun 19,91% dari sebelumnya Rp 474,7 miliar di periode yang sama tahun sebelumnya.

Sekretaris Perusahaan Agung Podomoro Land Justini Omas mengatakan, Agung Podomoro terus berusaha untuk mendorong penguatan bisnis melalui sejumlah inisiatif. APLN memaksimalkan penjualan proyek-proyek properti di daerah-daerah dengan daya beli konsumen tinggi. Contohnya di Bandung melalui proyek Podomoro Park Bandung dan di Medan dengan proyek apartemen Podomoro City Deli.

Sementara proyek Kota Podomoro Tenjo yang menjadi magnet baru konsumen properti kelas menengah di daerah Bogor dan Tangerang berhasil menjaga momentum penjualan positif. APLN juga mendongkrak pamor kawasan Jakarta Timur melalui proyek properti premium yaitu Bukit Podomoro Jakarta.

Baca Juga: Dukung Pengembangan IKN, Agung Podomoro Percepat Proyek di Balikpapan dan Samarinda

Dari berbagi proyek properti yang dibangun di berbagai daerah, pada kuartal I-2023 APLN membukukan pengakuan penjualan sebesar Rp 813,2 miliar. Sementara penjualan pemasaran (marketing sales) di luar PPN sebesar Rp 242 miliar.

Dari bisnis perhotelan dan pusat perbelanjaan, APLN mampu mendorong pendapatan berulang menjadi Rp 337,8 miliar, meningkat dari Rp 299,1 miliar. 

“Momentum bulan Ramadan dan Idul Fitri yang bisa menjadi booster bagi bisnis perhotelan dan pusat perbelanjaan belum sepenuhnya tercermin dalam kinerja kuartal pertama 2023. Kami melihat tingkat belanja dan liburan meningkat, baru akan terlihat secara optimal pada kuartal kedua 2023,” kata Justini dalam siaran pers, Sabtu (29/4). 

Baca Juga: Agung Podomoro Land (APLN) Bukukan Kinerja Positif Sepanjang Tahun 2022

Dia menilai, pulihnya bisnis di sektor perhotelan dan pusat perbelanjaan serta penjualan proyek-proyek properti menjadi faktor utama membaiknya kinerja APLN di awal tahun. Dengan raihan itu, APLN meraih laba komprehensif sebesar Rp 135 miliar, atau melonjak 228% dibandingkan periode sama tahun 2022 sebesar Rp 41,1 miliar. 

“Selain itu, penurunan beban bunga dan biaya keuangan yang karena penurunan jumlah utang APLN juga menjadi faktor melonjaknya laba komprehensif,” tambah dia. 

Sebagai tambahan, saat ini, APLN masih memiliki dan mengelola sejumlah pusat perbelanjaan premium di Jakarta dan berbagai kota besar di Indonesia, antara lain: Kuningan City, Senayan City, Emporium Pluit, Deli Park Medan, Baywalk, Festival CityLink Bandung, dan Plaza Balikpapan. 

Perusahaan juga mengelola sejumlah hotel premium di antaranya Pullman Ciawi Vimala Hills, Pullman dan Ibis Styles Bandung Grand Central, Harris dan Pop! Festival CityLink Bandung, Indigo Bali Seminyak, Amaris Thamrin City, dan 101 Urban Jakarta Kelapa Gading.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×