kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AirNav Bersiap Layani Kembali Penerbangan Komersial di Bandara Halim


Jumat, 02 September 2022 / 21:45 WIB
AirNav Bersiap Layani Kembali Penerbangan Komersial di Bandara Halim


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT AirNav Indonesia siap memberikan layanan navigasi yang prima kembali bagi penerbangan komersial di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama AirNav Indonesia Polana Banguningsih Pramesti pada Kamis (1/9) dalam pembukaan kembali Bandara Halim untuk penerbangan komersial sejak ditutup pada tanggal 26 Januari 2022 lalu untuk keperluan revitalisasi area bandara.

“Puji syukur, revitalisasi Bandara Halim telah selesai. Sekarang Bandara Halim kembali dibuka untuk penerbangan komersial. AirNav siap untuk kembali memberikan layanan terbaik untuk operasional penerbangan komersial dari dan ke Halim. Fasilitas kami siap, SDM kami juga sangat siap,” jelas Polana dalam siaran pers di situs Kementerian BUMN, Jumat (2/9).

Direktur Operasi AirNav Indonesia Mokhammad Khatim menambahkan, operasional penerbangan komersial perdana di Bandara Halim pada Kamis lalu dibuka dengan pendaratan pesawat Citilink nomor penerbangan QG171 rute Juanda, Surabaya – Halim, Jakarta. Pesawat tersebut berhasil mendarat dengan selamat pada pukul 06.23 WIB.

“Mulai sekarang, diperkirakan akan ada 10 penerbangan komersial berjadwal yang akan dilayani oleh AirNav Cabang Halim, baik yang datang maupun pergi. Angka tersebut diambil dari data penggunaan slot time penerbangan yang tercatat pada aplikasi Chronos milik AirNav,” imbuh Khatim.

Baca Juga: Kemenhub Komitmen Dukung Upaya Percepatan Pelaksanaan Berusaha di Sektor Transportasi

AirNav Indonesia Cabang Halim melayani rata-rata 85 penerbangan take-off atau landing. Angka rata-rata tersebut berkurang menjadi 42 penerbangan selama masa pandemi Covid-19.

Khatim menyebut, saat ini sektor penerbangan sudah mulai bangkit dari keterpurukan masa pandemi. Maka dari itu, AirNav yakin bahwa sektor ini akan segera pulih sepenuhnya mengingat penanganan Covid-19 sudah semakin baik. "Hal tersebut tidak lepas dari upaya pemerintah yang dengan berbagai cara menerapkan metode-metode yang sangat baik dalam menanggulangi pandemi ini,” ujar dia.

Sebelumnya, operasional Bandara Halim sudah dibuka kembali pada tanggal 13 Juli 2022. Namun, pembukaan itu terbatas untuk penerbangan latihan militer dan VVIP.

Bandara Halim sempat ditutup pada awal tahun dengan alasan kegiatan revitalisasi atas dasar Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Fasilitas Pangkalan Tentara Nasional Indonesia/ Bandar Udara Halim Perdanakusuma. Sekarang, setelah dibuka kembali untuk penerbangan komersial, AirNav Cabang Halim siap beroperasi penuh dengan pelayanan operasional 24 jam.

Revitalisasi Bandara Halim ditujukan untuk memperbaiki fasilitas sisi darat (land side) maupun udara (air side) dalam rangka meningkatkan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan. Selama penutupan, operasional penerbangan baik niaga berjadwal, tidak berjadwal, kargo, militer, dan VVIP dialihkan ke bandara lain seperti Soekarno-Hatta (Jakarta), Husein Sastranegara (Bandung), Kertajati (Majalengka), Budiarto (Curug, Tangerang), dan Pondok Cabe (Jakarta).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×