kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,18   -1,18   -0.13%
  • EMAS957.000 0,53%
  • RD.SAHAM 1.14%
  • RD.CAMPURAN 0.23%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Aktivitas gowes makin ngetren, sejumlah produsen sepeda bakal ekspansi pabrik


Jumat, 30 Oktober 2020 / 21:15 WIB
Aktivitas gowes makin ngetren, sejumlah produsen sepeda bakal ekspansi pabrik


Reporter: Amalia Nur Fitri, Arfyana Citra Rahayu | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah tren sepeda yang makin berkembang di masyarakat, produsen sepeda merencanakan ekspansi pabrik untuk meningkatkan kapasitas pabriknya. 

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Sepeda dan Mainan (APSMI) Eko Wibowo mengatakan dengan adanya tren sepeda yang terus bertumbuh tentu akan menumbuhkan minat produsen sepeda membangun pabrik.  "Pertimbangan (ekspansi pabrik) ada, khususnya karena ada aturan kuota impor sepeda dan minat sepeda yang masih baik," jelasnya kepada Kontan.co.id, Jumat (30/10). 

Hal ini dikuatkan oleh CEO Roda Maju Bahagia, Hendra yang mengungkapkan perusahaannya akan ekspansi pabrik sehingga harapannya bisa terus meningkatkan kapasitas pabriknya. Alasannya karena Hendra melihat ke depannya tren sepeda akan terus berlanjut. 

Baca Juga: Permintaan sepeda lipat Kreuz melonjak 80% hingga September

Menurutnya meskipun market sepeda tiap tahunnya sama, seiring dengan berjalannya waktu brand Element semakin menguat. Jadi kapasitas produksi ini ditingkatkan juga untuk meraup kue pasar sepeda lainnya di lokal. "Pada bulan Oktober kami sudah deal untuk ekspansi menambah luas lahan sekitar 2,1 lebih hektar, sehingga luas lahan pabrik kami akan menjadi 4,7 hektar. Diperkirakan bulan ke dua atau tiga tahun depan sudah mulai proses pengerukan tanah dan lainnya," jelasnya.

Seiring dengan penambahan luas area tanah, produsen sepeda merek Element ini juga bakal menambah luas bangunan pabrik sekitar 5.000 meter kubik.  Jika ekspansi ini semua berjalan dengan lancar, Hendra mengatakan Roda Maju Bahagia akan pelan-pelan menaikkan kapasitas produksi. 

"Bisa naik 300 unit dulu per hari sehingga dari yang sebelumnya 1.200 unit menjadi 1.500 unit. Hingga kemudian bisa bertumbuh dua kali lipat dari kapasitas produksi yang ada saat ini," kata Hendra. 

Adapun jika pabrik sudah jadi, Roda Maju Bahagia tidak hanya memproduksi sepeda. Tetapi Hendra bilang akan ada produk varian lainnya yang akan diproduksi yaitu kereta sorong roda satu yang biasa digunakan di kebun sawit. 

Baca Juga: Waduh, permintaan sepeda turun 30% pada Agustus-Oktober 2020

Selain Roda Maju Bahagia, kabarnya produsen sepeda Kreuz juga akan membangun pabrik di Bandung Utara untuk bisa memenuhi permintaan sepeda lipat yang terus melonjak. 

Pihak manajemen Kreuz, Hendry Pedro menjelaskan saat ini telah menerima pemesanan hingga mencapai 800 unit sampai 2024 mendatang. "Saat ini kami masih fokus mengembangkan material. Kami berbenah agar produksi sepeda lipat makin lebih baik," jelas dia. 

Pedro menjelaskan pembangunan pabrik di Bandung adalah untuk mempercepat penyelesaian antrean pesanan 500 unit. Sementara 600 unit pesanan lain sudah masuk daftar tunggu.

Selanjutnya: Polygon Indonesia catat permintaan sepeda lipat meningkat sampai 20%

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×