Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah pelaku bisnis terkait dengan pariwisata mulai gencar melakukan program promo seiring aktivitas perjalanan mulai normal di tengah terkendalinya kasus Covid-19.
Salah satunya Tiket.com, Online Travel Agen (OTA) ini kondisi pandemi yang membatasi ruang gerak masyarakat dan menciptakan kejenuhan justru melahirkan tren baru untuk liburan, seperti staycation, workcation, wisata hobi, hingga berbagai hiburan yang diselenggarakan dalam format online, seperti konser musik.
Chief Executive Officer Tiket.com George Hendrata mengatakan, pihaknya percaya kebutuhan untuk berwisata tidak dapat dipisahkan dari gaya hidup masyarakat. Terlebih ketika dihadapkan dengan kondisi pandemi, masyarakat semakin butuh hiburan untuk healing.
Dengan melihat tren tersebut, tiket.com bergegas melancarkan berbagai inovasi yang bertujuan agar customer dapat menikmati wisata dengan nyaman. Platform ini menghadirkan fitur tiket clean yang memastikan akomodasi telah menjalankan protokol kesehatan dengan baik, fitur smart refund and reschedule, pilihan tes Covid-19.
Baca Juga: RedDoorz Resmi Jalin Kemitraan Bersama Tiket.com
Selain itu, Tiket.com juga terus memperluas kemitraan dengan partner ternama untuk menghadirkan berbagai hiburan online di tengah masyarakat.
“Pedoman kami dalam beroperasi adalah untuk selalu memperhatikan kebutuhan customer, menjadi customer-centric, segala inovasi produk dan layanan yang kami luncurkan adalah berdasarkan kebutuhan customer,” ujar George dalam keterangannnya, Selasa (27/9).
Setelah hampir dua tahun terkena dampak akibat pandemi Covid-19, industri pariwisata tanah air kini memasuki babak baru di tahun 2022.
Pemulihan industri pariwisata dari kenaikan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia yang menyentuh angka 111 ribu pada April 2022, meningkat sekitar 172 % dibandingkan dengan bulan sebelumnya, serta naik secara signifikan hingga 499 % dibandingkan dengan jumlah kunjungan di bulan April pada tahun 2021.
Tak hanya itu, mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia dari bulan Januari hingga April 2022 juga mengalami kenaikan yang sangat tinggi sebesar 350% year on year (YoY).
Setelah memprediksi adanya kenaikan angka wisatawan yang semakin signifikan di bulan-bulan mendatang, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mencapai angka 1,8 hingga 3,6 juta individu pada tahun 2022.
“Bangkitnya industri pariwisata turut menghadirkan berbagai tantangan tersendiri. Berkaca dari terdampaknya sektor pariwisata akibat pandemi membuat para pelaku usaha wisata harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan yang tidak dapat diprediksi. Kami di tiket.com berkomitmen untuk selalu menghadirkan inovasi yang relevan dengan tren dan kebutuhan masyarakat,” ujar George.
Baca Juga: Hari Terakhir! Promo Tiket.com Hotel Domestik, Nikmati Diskon hingga 20%
Tiket.com juga hadir dengan fitur Jaminan Harga Termurah (JHT). Dengan fitur ini, konsumen tidak perlu repot membanding - bandingkan harga tiket pesawat, akomodasi ataupun aktivitas.
Bahkan jika konsumen menemukan harga lebih murah, tiket.com akan mengganti selisihnya dua kali lipat. Ditambah, tiket.com selalu menghadirkan berbagai promo yang dapat membantu memudahkan konsumen merencanakan perjalanannya.
Tak hanya itu, Tiket.com pun menyediakan pelayanan Customer Service (CS) selama 24 jam setiap harinya. Konsumen dapat dengan mudah menemukan kontak customer service pada aplikasi tiket.com yaitu menghubungi e-mail dan nomor telepon yang tertera.
“Berbagai layanan dan inovasi yang kami berikan adalah wujud komitmen kami untuk berperan aktif dalam pemulihan dan pertumbuhan industri pariwisata. Kami fokus meningkatkan antusiasme masyarakat untuk berwisata sekaligus membantu meningkatkan kapabilitas para pelaku usaha wisata,” tutup George.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News