kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.455.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.155   87,00   0,57%
  • IDX 7.743   -162,39   -2,05%
  • KOMPAS100 1.193   -15,01   -1,24%
  • LQ45 973   -6,48   -0,66%
  • ISSI 227   -2,76   -1,20%
  • IDX30 497   -3,22   -0,64%
  • IDXHIDIV20 600   -2,04   -0,34%
  • IDX80 136   -0,80   -0,58%
  • IDXV30 141   0,18   0,13%
  • IDXQ30 166   -0,60   -0,36%

Akuisisi Freeport dan Vale, MIND ID Siap Dorong Hilirisasi


Minggu, 22 September 2024 / 12:19 WIB
Akuisisi Freeport dan Vale, MIND ID Siap Dorong Hilirisasi
ILUSTRASI. MIND ID merampungkan pengambilan saham perusahaan tambang PT Freeport Indonesia (PTFI) dan PT Vale Indonesia Tbk (INCO).


Reporter: Filemon Agung | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia atau MIND ID sukses merampungkan pengambilan saham perusahaan tambang PT Freeport Indonesia (PTFI) dan PT Vale Indonesia Tbk (INCO). Akuisisi dua perusahan ini diyakini akan memperkuat komitmen hilirisasi ke depannya. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan, Indonesia melalui MIND ID telah mampu meningkatkan kepemilikan saham di Freeport Indonesia dari 9% menjadi 51%, dan tengah diupayakan untuk kembali meningkatkan saham menjadi 61%.

"Freeport [Indonesia] sudah dimiliki Indonesia. Sudah dimiliki MIND ID, dan pokoknya kita terus ambil," kata Jokowi dalam keterangan resmi, Minggu (22/9).

Baca Juga: MIND ID Percepat Realisasi Proyek Strategis untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Jokowi mengatakan, smelter milik Freeport Indonesia akan segera beroperasi sehingga mampu memberi peningkatan nilai tambah melalui hilirisasi.

"Jadi hilirisasi ini bukan barang yang gampang, karena 55 tahun beroperasi dan tidak pernah mau membangun smelter, karena bukan hanya tembaga, tetapi mineral lain yang punya nilai lebih tinggi, yaitu emas," pungkasnya.

Corporate Secretary MIND ID Heri Yusuf mengungkapkan, hilirisasi dan industrialisasi mineral merupakan langkah strategis jangka panjang yang akan sangat berdampak positif pada masa depan ekonomi Indonesia.

Dampak tersebut mencakup peningkatan nilai tambah dari komoditas mineral, penyerapan serta peningkatan kualitas tenaga kerja, sekaligus meningkatkan daya saing negara di kancah global.

Baca Juga: Kerek Nilai Tambah, MIND ID Siap Garap Potensi Mineral Kritis

"MIND ID sebagai perusahaan milik negara yang mendapat mandat untuk menyukseskan program hilirisasi berkomitmen dalam mengawal pelaksanaan proyek strategis mineral guna memberikan nilai tambah yang maksimal bagi masa depan Indonesia," kata Heri. 

Adapun pada pertengahan 2024, pemerintah telah meresmikan pengoperasian smelter anyar milik Anggota Holding MIND ID, PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur.

Pabrik pemurnian konsentrat tembaga berteknologi single line terbesar di dunia ini turut memperbesar kapasitas smelter dari 1 juta ton menjadi 3 juta ton per tahun.

Grup MIND ID melalui PT Borneo Alumina Indonesia (BAI), yang merupakan perusahaan patungan atau joint venture (JV) antara PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), akan meningkatkan nilai tambah bauksit melalui Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah. Proyek tersebut diyakini akan semakin melengkapi rantai pasok dari produksi aluminium Indonesia, juga semakin memperluas cakupan proyek hilirisasi mineral nasional.

Baca Juga: Antam (ANTM) Bentuk JV Bareng BUMD Sulsel, Garap Tambang Nikel di Pongkeru

Di samping itu, Grup MIND ID pun telah menjalin kemitraan strategis guna mengembangkan ekosistem baterai kendaraan listrik yang terintegrasi. Proyek ini akan dijalankan mulai dari pembentukan industri material komponen baterai, baterai sel, hingga ekosistem industri daur ulang dari produk-produk kendaraan listrik.

Selanjutnya: Per Agustus 2024, Investasi BPJS Ketenagakerjaan Terbesar Ditempatkan di Obligasi

Menarik Dibaca: Ini Pilihan Menu Diet Murah Ramah Kantong yang Enak dan Sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×