Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. Persaingan pasar ponsel cerdas (smartphone) di Indonesia berlangsung semakin sengit. Selain ponsel BlackBerry, produk Android juga makin populer di mata pengguna ponsel di Indonesia.
Namun begitu, Sales Head LG Indonesia bilang, sampai semester I tahun ini, pangsa pasar ponsel cerdas di Indonesia masih dikuasai oleh BlackBerry.
"Berdasarkan riset Growth For Knowledge (GFK), semester I 2012 lalu, Blackberry berada di urutan pertama dalam kategori smartphone yang paling banyak digunakan di Indonesia," tutur Sales Head LG Indonesia Denny Muliawardana, Selasa (30/10) di Jakarta.
Namun begitu, kata Denny, pasar BlackBerry mulai mendapat persaingan ketat dari smartphone Android yang mengalami pertumbuhan pesat, yakni 60% pada semester I 2012 lalu.
"Perbedaan dominasi Blackberry dan Android sekarang hanya 10%. Dan ada kecenderungan trend Blackberry sekarang sudah mulai menurun dan digantikan oleh Android," klaim Denny.
Persaingan pasar ponsel Android juga semakin kuat setelah smartphone asal China masuk ke pasar Indonesia.
Di kategori ponsel Android, LG harus berhadapan dengan Samsung. Denny bilang, LG saat ioni berusaha keras untuk mengejar ketertinggalan guna menguasai pasar ponsel Android di Indonesia.
"Saat ini LG Mobile memang belum nomor satu, tetapi LG akan berusaha untuk menjadi nomor satu," tegas Chorung.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News