kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.468.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.946   -52,00   -0,33%
  • IDX 7.161   -53,30   -0,74%
  • KOMPAS100 1.094   -8,21   -0,74%
  • LQ45 872   -4,01   -0,46%
  • ISSI 216   -1,82   -0,84%
  • IDX30 446   -1,75   -0,39%
  • IDXHIDIV20 540   0,36   0,07%
  • IDX80 126   -0,84   -0,67%
  • IDXV30 136   0,20   0,15%
  • IDXQ30 149   -0,29   -0,20%

Apindo: Penjualan di Momen Lebaran Tahun Lalu Lebih Tinggi


Rabu, 03 Mei 2023 / 17:56 WIB
Apindo: Penjualan di Momen Lebaran Tahun Lalu Lebih Tinggi
ILUSTRASI. Apindo menilai penjualan di momen Lebaran tahun lalu lebih tinggi dibandingkan tahun ini


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai bahwa penjualan di masa Lebaran tahun ini tidak lebih tinggi bila dibandingkan tahun lalu. 

Ketua Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sutrisno Iwantono menjelaskan kepada Kontan, bahwa dalam beberapa laporan yang masuk, penjualan dan pendapatan ritel yang diterima pengusaha di momen Lebaran tahun ini lebih rendah.

"Kami belum ada catatan angkanya, namun tahun lalu lebih tinggi. Sebagai contoh dan gambaran, di momen Lebaran biasanya ada peningkatan pendapatan sekitar 20%, tapi tahun ini hanya sekitar 12%," ujarnya saat dihubungi Kontan, Rabu (3/5). 

Baca Juga: Prediksi Apindo, Perputaran Uang Pemilu Bisa Capai Rp 50 Triliun

Dia mengatakan, tingginya mobilisasi warga melakukan mudik memang lebih besar tahun ini. Namun hal ini ternyata tidak selaras dengan pengeluaran yang terjadi. Sutrisno menilai, saat ini daya beli masyarakat masih terbatas dan tidak setinggi tahun lalu.

Ia melanjutkan, Apindo sendiri belum memberikan proyeksi apapun mengenai kinerja hingga akhir tahun 2023. Ia secara pribadi menilai bahwa sektor industri mamin dan hotel bisa menjadi yang baik pertumbuhannya tahun ini. 

Baca Juga: Sejumlah Tantangan Membayangi Prospek Kegiatan Usaha pada Kuartal II 2023

Ia mengatakan, strategi yang pasti dilakukan oleh pengusaha dari berbagai sektor tahun ini adalah mempertahankan loyalitas konsumen. 

"Industri mamin dan perhotelan sepertinya kelihatannya memiliki prospek lebih baik. Sementara itu industri tekstil masih terkena imbas dari global. Namun secara keseluruhan, kami berharap tahun ini semua industri akan bisa bertumbuh lebih baik," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×