kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aplikasi pengiriman logistik ABC Online resmi meluncur


Minggu, 21 Januari 2018 / 19:22 WIB
Aplikasi pengiriman logistik ABC Online resmi meluncur
ILUSTRASI. Nilai ekspor dan impor Indonesia


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kini layanan pengiriman logistik sudah bisa dinikmati secara online. Pasalnya, aplikasi logistik online pertama di Indonesia sudah hadir dengan nama ABC Online.

Aplikasi ABC Online diluncurkan oleh PT Aditya Bisnis Cipta yakni perusahaan yang bergerak dalam bidang pengapalan dan logistik, pada Sabtu (20/1). Lewat aplikasi ini, semua masyarakat atau pelaku bisnis bisa menikmati layanan logistik secara online.

Presiden Direktur Aditya Bisnis Cipta, Adharta Ongkosaputra menjelaskan, aplikasi ABC Online merupakan aplikasi e-logistik, sebuah platform berbasis digital untuk memberikan layanan berupa pengiriman barang kepada pelanggan atau dalam bidang logistik secara umum.

"ABC Online hadir untuk para pengusaha logistik agar memudahkan pekerjaannya hanya dengan menggunakan sebuah smartphone. ABC Online merupakan aplikasi e-logistik yang dapat dinikmati oleh pengguna Android dan iOS secara gratis," kata Adharta di Jakarta, Sabtu (20/1).

Sebagai aplikasi yang berbasis pada bisnis logistik, ABC Online berkolaborasi dengan afiliasi beberapa perusahaan besar di Indonesia yaitu Garuda Indonesia Cargo dan Meratus Line untuk memperkuat jaringan dan layanan agar pengguna akan merasa nyaman, cepat, akurat, murah, dan terpercaya.

Adharta menjelaskan, ABC Online memiliki tiga pelayanan dalam bidang logistik. Pertama adalah pengiriman barang melalui air cargo. Kedua adalah layanan pengiriman melalui break bulk. Ketiga adalah layanan menggunakan kontainer.

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat mengembangkan bidang logistik dengan pesat, sehingga dapat mendorong perekonomian Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Adharta bilang, biaya logistik di Indonesia saat ini sangat mahal karena jumlah barang yang didistribusikan tidak seimbang dengan persiapan armada yang ada. Biaya menjadi mahal karena tidak ada kepastian waktu bongkar muat dan barang yang akan diangkut.

Sehingga Adharta berharap lewat ABC Online bisa meminimalkan pembengkakan biaya logistik. "Kami menargetkan kalau bisa save beban logistik 25%," katanya.

Selain mengurangi beban biaya pengiriman logistik, lanjut Adharta, ABC Online juga bisa mempercepat pengiriman barang dan menghemat waktu mulai dari pemesanan hingga pengiriman. "Dulu kalau mau kirim barang kita harus siapkan banyak orang untuk melaksanakan itu, sekarang lewat ABC online hanya perlu satu karyawan yang memegang HP. Kemudian pengusaha tidak perlu datang ke pelabuhan untuk mencari kapal dan cukup lewat online saja. Biayanya juga tetap sama, " jelas Adharta.

Adharta menambahkan, ABC Online akan lebih banyak menyasar perusahaan-perusahaan logistik. Tahun ini, pihaknya menargetkan bisa mempunyai 100.000 member dan membidik satu juta destinasi dalam setahun. Sementara saat ini jumlah destinasinya masih kurang dari 500.

Adapun investasi yang telah digelontorkan Aditya Bisnis Cipta untuk pengembangan ABC Online sekitar Rp 5 miliar. Nantinya jika destinasi sudah mencapai satu juta, Adharta bilang, aplikasi tersebut akan terus dikembangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×