kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.901.000   -17.000   -0,89%
  • USD/IDR 16.509   79,00   0,48%
  • IDX 7.484   -65,55   -0,87%
  • KOMPAS100 1.049   -9,43   -0,89%
  • LQ45 790   -7,68   -0,96%
  • ISSI 254   -1,44   -0,57%
  • IDX30 409   -4,26   -1,03%
  • IDXHIDIV20 466   -6,75   -1,43%
  • IDX80 119   -1,00   -0,84%
  • IDXV30 122   -1,55   -1,25%
  • IDXQ30 130   -1,12   -0,86%

APLN Kantongi Marketing Sales Rp881,5 Miliar di Semester I-2025, Tumbuh 10,5%


Kamis, 31 Juli 2025 / 10:59 WIB
APLN Kantongi Marketing Sales Rp881,5 Miliar di Semester I-2025, Tumbuh 10,5%
ILUSTRASI. Pekerja melintas di depan Ruko Bukit Avenue usai acara serah terima di perumahan Bukit Podomoro, Jakarta Timur, Jumat (15/12/2023). Ruko Bukit Avenue merupakan bagian dari Bukit Podomoro Business Park yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta mendorong pertumbuhan bisnis baru di wilayah Jakarta Timur dan sekitarnya. Hingga saat ini progres pembangunan Bukit Podomoro Business Park juga terus berjalan secara progresif yakni mencapai 90% untuk pembangunan tahap 1 sebanyak 68 unit, dan pembangunan tahap 2 dengan total 27 unit sudah dimulai pada awal November 2023. (KONTAN/Baihaki)


Reporter: Vina Elvira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) mencatatkan kinerja positif pada semester I-2025 dengan membukukan marketing sales sebesar Rp881,5 miliar.

Capaian tersebut tumbuh sekitar 10,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu senilai Rp796,3 miliar.

Sejumlah proyek properti menjadi penopang utama pencapaian tersebut, di antaranya Podomoro Park Bandung, Bukit Podomoro Jakarta, Podomoro Golf View, dan Podomoro City Deli Medan.

Baca Juga: Agung Podomoro Land (APLN) Realisasikan Marketing Sales Rp 638 Miliar hingga Mei 2025

Corporate Secretary APLN Justini Omas menjelaskan, keberhasilan ini tidak lepas dari kejelian manajemen dalam membaca kebutuhan pasar yang masih tinggi di berbagai daerah.

“Produk-produk APLN dirancang sesuai dengan standar dan ekspektasi mayoritas konsumen yang menginginkan hunian berkualitas dengan value yang terus bertumbuh,” ujar Justini dalam siaran pers, Kamis (31/7/2025).

Menurut Justini, APLN terus mendorong penjualan di wilayah seperti Bandung dan Medan yang memiliki pertumbuhan ekonomi positif.

Perusahaan juga akan terus merilis produk-produk baru untuk menangkap peluang pasar yang masih besar di daerah tersebut.

Untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, APLN menjalin kerja sama strategis dengan perusahaan konstruksi ternama Shimizu Corporation Indonesia.

Saat ini, kolaborasi difokuskan pada pengembangan proyek Podomoro Park Bandung. Ke depan, peluang kolaborasi dengan Shimizu disebut terbuka untuk proyek-proyek lainnya.

Baca Juga: Agung Podomoro (APLN) Catatkan Marketing Sales Rp 445 Miliar hingga April 2025

 

Pendapatan Terkoreksi karena Divestasi

Dari sisi keuangan, APLN membukukan penjualan dan pendapatan usaha sebesar Rp1,68 triliun pada semester I-2025, turun 10,5% dibandingkan Rp1,88 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Penurunan ini disebabkan hilangnya kontribusi dari hotel Pullman Vimala Hills yang telah didivestasi pada 2024.

Pengakuan penjualan APLN juga tercatat menurun 8,8% menjadi Rp1,06 triliun, dari sebelumnya Rp1,16 triliun.

Sementara pendapatan berulang (recurring income) turut terkoreksi 13,1% menjadi Rp629,0 miliar dari Rp723,5 miliar pada semester I-2024.

Baca Juga: Agung Podomoro (APLN) Tekan Kerugian di Kuartal I-2025, Simak Rekomendasi Sahamnya

“Divestasi Pullman Vimala Hills memang berdampak pada pendapatan, tetapi hasilnya memperkuat fundamental perusahaan. Dana hasil divestasi digunakan untuk membangun hotel baru di Bali dan juga melunasi sebagian utang,” ungkap Justini.

Saat ini, seluruh utang APLN telah dikonversi dalam mata uang rupiah, dengan jatuh tempo terdekat pada 2027.

Pelunasan utang dalam mata uang asing membuat perusahaan terbebas dari risiko fluktuasi nilai tukar dan beban bunga tinggi.

“Langkah efisiensi keuangan terus kami tempuh untuk menjaga likuiditas dan daya saing produk-produk APLN di pasar. Kami optimistis kinerja perusahaan akan terus bertumbuh hingga akhir tahun, ditopang fundamental bisnis yang semakin kuat,” pungkasnya.

Selanjutnya: Kamis Lebih Hemat, Promo KFC Crazy Deal Paket 7 Ayam Goreng Spesial Cuma Rp 90.000

Menarik Dibaca: Kamis Lebih Hemat, Promo KFC Crazy Deal Paket 7 Ayam Goreng Spesial Cuma Rp 90.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mitigasi Risiko SP2DK dan Pemeriksaan Pajak Executive Macro Mastery

[X]
×