kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Archi Indonesia (ARCI) Akan Buat Perusahaan Patungan Bareng Ormat Technologies


Senin, 19 Juni 2023 / 17:11 WIB
Archi Indonesia (ARCI) Akan Buat Perusahaan Patungan Bareng Ormat Technologies
ILUSTRASI. Fasilitas pengolahan emas Archi Indonesia.


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Archi Indonesia (ARCI) yang dikenal sebagai perusahaan tambang emas, kini menjajaki bisnis energi baru terbarukan (EBT) yakni panas bumi (geothermal) bersama Ormat Technologies Inc. 

Jika semua proses berjalan lancar, pada kuartal III 2023 mendatang pihaknya akan membangun perusahaan patungan bersama. 

Direktur Utama ARCI, Rudy Suhendra menjelaskan, bisnis panas bumi merupakan salah satu peluang yang menarik. Dia mengklaim, belum tentu ada perusahaan tambang emas lain yang menggarap bisnis panas bumi.

Baca Juga: Archi Indonesia (ARCI) Bidik Pertumbuhan Produksi Emas 25%-30% pada 2023

“Salah satu potensi yang bisa dikembangkan adalah geothermal, kebetulan ada Ormat perusahaan dari Amerika mendapatkan wilayah kerja untuk melakukan eksplorasi mengenai potensi sumber energi terbarukan melalui panas bumi,” ujarnya dalam acara paparan publik virtual, Senin (19/6). 

Ormat sudah melakukan pengeboran di 2022 hingga saat ini. Rudy mengungkapkan, sejauh ini Ormat sangat yakin terhadap tingkat kesuksesan di proyek ini. Saat ini perusahaan pengembang panas bumi yang berbasis di Amerika tersebut sedang melakukan proses pemanasan pada air yang ada di dalam bumi. 

Dalam dua bulan sampai tiga bulan ke depan, Ormat akan memberikan jawaban berupa temperatur yang akan didapatkan dari proses pemanasan ini. 

“Sejauh ini jawaban dari Ormat sangat positif dan diharapkan pada kuartal III 2023 mendatang kerja sama dengan Ormat bisa terlaksana sesuai janji. 

Baca Juga: Pendapatan Archi Indonesia (ARCI) Menyusut 29,47% pada Kuartal I 2023

Rencananya di kuartal III 2023 mendatang, ARCI bersama dengan Ormat akan membentuk perusahaan patungan atau joint venture (JV). Dengan begitu, proses ekplorasi secara berkelanjutan di proyek panas bumi akan berjalan. 

Dia menjanjikan, pada kuartal III mendatang, pihaknya akan melakukan paparan perihal kelanjutan geothermal dan refinery sebagai bukti apa yang telah disampaikannya saat ini berjalan seperti yang diharapkan. 

Rudy bilang, nantinya selain memiliki bisnis pertambangan emas, ARCI bisa memberikan dampak positif bagi pengembangan energi baru terbarukan (EBT) melalui proyek geothermal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×