Reporter: Ivana Wibisono | Editor: Rizki Caturini
KONTAN.CO.ID - PT Alam Sutera Realty Tbk menargetkan marketing sales atau pendapatan prapenjualan sebesar Rp 300 miliar dari proyek Kota Ayodhya di Cikokol, Tangerang, Banten. Hingga September 2017, proyek tersebut sudah menyumbang marketing sales Rp 100 miliar.
Demi mengejar target, Alam Sutera melalui anak perusahaan bernama PT Alfa Goldland Realty, terus melengkapi isi proyek Kota Ayodhya. Terbaru, mereka akan membangun perumahan Ayodhya Garden House mulai Oktober 2017. Luas proyek tersebut 4.900 meter persegi (m).
Ayodhya Garden House bakal berisi 33 unit rumah dengan harga jual sekitar Rp 1,6 miliar per unit. Alam Sutera belum secara resmi memasarkannya. "Cuma baru mouth to mouth saja, yang sudah terjual 10 unit," ujar David Liu, Sales Department Head Kota Ayodhya kepada KONTAN, usai Konferensi Pers Family Day di Kota Ayodhya, Tangerang Minggu, (17/9).
Selain Ayodhya Garden House, Alam Sutera juga menyiapkan 8.800 m² lahan untuk area kaveling komersial. Satu kaveling telah terjual untuk proyek Rumahsakit Ibu dan Anak (RSIA) Sari Asih.
Selain Ayodhya Garden House dan kaveling komersial, sebelumnya sudah ada Ayodhya Residence, Ayodhya Shopping Arcade dan Ayodhya Arcade Shophouses di proyek Kota Ayodhya. Ketiganya masuk dalam tahap I pengembangan Kota Ayodhya seluas 2 hektare (ha). Adapun luas seluruh area proyek Kota Ayodhya mencapai 16,6 ha.
Edward Ariadi Tanuwijaya, Finance and Investor Relations Department Head PT Alam Sutera Realty Tbk, mengatakan, nilai investasi tahap I Kota Ayodhya mencapai lebih dari Rp 1 triliun. Pembangunan tahap I berawal dari Ayodhya Residence pada tahun 2014 silam.
Target kontribusi 30%
Pembangunan Ayodhya Residence rampung sejak Agustus 2017 kemarin. Proyek itu terdiri dari empat menara apartemen berisi 3.325 unit. Sebanyak 2.000 unit sudah terjual dengan harga mulai dari Rp 300 juta per unit.
Adapun Ayodhya Shopping Arcade dan Ayodhya Arcade Shophouses berada di bawah empat menara apartemen Ayodhya Residence. Ayodhya Shopping Arcade merupakan proyek area komersial sedangkan Ayodhya Arcade Shophouses adalah rumah toko (ruko).
Ayodhya Arcade Shophouses bukan satu-satunya proyek ruko. Alam Sutera juga memiliki Ayodhya Square Shophouses. Tahap I pembangunan terdiri dari 70 unit ruko dengan harga jual mulai dari Rp 2,5 miliar. Sejak awal tahun 2015 hingga kini, perusahaan berkode saham ASRI di Bursa Efek Indonesia itu telah menjual separuh unit ruko di antaranya.
Hingga akhir tahun 2017, Alam Sutera menargetkan pertumbuhan pendapatan secara keseluruhan sebesar 30% ketimbang pendapatan tahun lalu. "Kota Ayodhya akan berkontribusi 30% ke total pendapatan tersebut," kata Edward.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News