Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Rizki Caturini
JAKARTA. PT. Astra Graphia, Tbk lewat anak usaha PT Astragraphia Xprins Indonesia mulai merasakan hasil dari ekspansi bisnis di ranah online. Terutama, yang berhubungan dengan perdagangan dan pengiriman barang.
Lewat dua platform online, yakni AXIQoe.com dan Xprins Web Services (XWS), Xprins tengah mengembangkan kedua jenis bisnis tersebut.
Menurut Suyanni Sapoetro, Kepala Divisi Perencanaan dan Pemasaran Astragraphia Xprins Indonesia, pihaknya sudah mendaftarkan AXIQoe.com ke situs Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).
Pendaftaran tersebut baru terjadi awal September. Ia mengklaim sudah mulai ada transaksi dari lembaga pemerintah tersebut. Ia berharap, keberadaan AXIQoe.com dalam katalog LKPP bisa memperluas target pasar ke segmen pemerintah. "Kami sudah antisipasi, biasanya kuartal IV, transaksi akan meningkat. Kami berharap tinggi dan bagus," imbuhnya ke KONTAN, Rabu (21/9).
Sementara di layanan XWS, perusahaan berharap bisa menggaet mitra yang tersebar di tanah air, terutama dari korporasi. Nah, hingga kini sudah ada 200 perusahaan yang mendaftar di layanan tersebut. Sedangkan perusahaan ini memasang target bisa mengejar hingga 500 perusahaan di akhir tahun ini.
AXIQoe.com kini memiliki 31 kantor cabang dan 91 titik layanan yang tersebar di 514 kota dan kabupaten. Sedangkan layanan XWS saat ini ada 22 titik layanan dengan target akhir tahun ini mencapai 32 titik. "Untuk aktivitas percetakan, perusahaan bisa lakukan antar kota," imbuhnya.
Di sisa tahun ini, Xprins masih mengincar ekspansi di tiga kota lagi yakni Surabaya, Medan dan Makassar untuk bisa mengenalkan kedua produk tersebut. Ini semua demi mengejar target pertumbuhan bisnis Xprins adalah mencapai dobel digit di akhir tahun ini.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News