kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Atasi Banjir di Karawang dan Bekasi, Brantas Abipraya Bangun Bendungan Cijurey


Senin, 16 Oktober 2023 / 14:08 WIB
Atasi Banjir di Karawang dan Bekasi, Brantas Abipraya Bangun Bendungan Cijurey
ILUSTRASI. PT Brantas Abipraya (Persero) melakukan pembangunan Bendungan Cijurey Paket I. Bendungan yang bertipe urugan random tanah ini berlokasi di Kecamatan Sukamakmur, Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang konstruksi pembangunan infrastruktur air, PT Brantas Abipraya (Persero) melakukan pembangunan Bendungan Cijurey Paket I. Bendungan yang bertipe urugan random tanah ini berlokasi di Kecamatan Sukamakmur, Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Pembangunan bendungan ini adalah salah satu upaya Brantas Abipraya dalam kontribusi kami mengatasi banjir yang kerap terjadi di Kabupaten Karawang dan Bekasi. Bendungan inipun ditargetkan tuntas tahun 2028,” ujar Muhammad Toha Fauzi, Direktur Operasi I Brantas Abipraya melalui keterangan tertulis yang diterima Kontan, Senin (16/10).

Bendungan Cijurey ini nantinya dapat mereduksi banjir sebesar 59,33%. Tak hanya itu, bendungan inipun diharapkan dapat menjadi solusi untuk kebutuhan masyarakat untuk mengairi lahan persawahan dan irigasi yang kering selama kemarau. 

Baca Juga: Brantas Abipraya: Progres Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi Capai 97%

Selain mengairi irigasi seluas 561 hektare, bendungan ini juga nantinya bakal menghasilkan air baku sebesar 0,71 m3/detik dan PLTA sebesar 2x0,5 MW.

Adapun ruang lingkup pekerjaan pada pembangunan bendungan ini diantaranya adalah pekerjaan persiapan, bangunan pengelak, bendungan utama, instrumentasi, pekerjaan hidromekanikal dan elektrikal. Lalu, bangunan fasilitas dan penunjang operasional yaitu pengerjaan Dermaga Apung dan penunjang penerapan SMKK (Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi). 

"Dalam penyelesaiannya, Brantas Abipraya akan berfokus untuk menghasilkan karya konstruksi bendungan yang unggul, tepat mutu, tepat biaya dan tepat waktu. Ini salah satu langkah kami berkontribusi dalam pengendalian bencana alam banjir, bagaimana Brantas Abipraya hadir untuk membangun negeri,"  kata Toha.

Selanjutnya: Saham GOTO Volatil, Mansek: Aksi Jual di Luar Fundamental Saham!

Menarik Dibaca: Promo Traveloka Xperience 16-24 Okt 2023, Diskon di Waterpark Hingga Rp 500.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×