kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.499.000   -40.000   -2,60%
  • USD/IDR 15.935   -60,00   -0,38%
  • IDX 7.246   -68,22   -0,93%
  • KOMPAS100 1.110   -11,46   -1,02%
  • LQ45 880   -11,76   -1,32%
  • ISSI 222   -0,92   -0,41%
  • IDX30 452   -6,77   -1,48%
  • IDXHIDIV20 545   -7,80   -1,41%
  • IDX80 127   -1,32   -1,03%
  • IDXV30 136   -1,06   -0,77%
  • IDXQ30 150   -2,29   -1,50%

Avanza tetap memimpin pasar low MPV


Rabu, 20 Februari 2013 / 09:02 WIB
Avanza tetap memimpin pasar low MPV
ILUSTRASI. Jadwal pertandingan persahabatan Portugal vs Qatar: Kans Annabi balas Selecao


Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Siapa yang tak kenal Toyota Avanza? Mobil low Multi Purpose Vehicle (MPV) yang diproduksi produsen asal Jepang ini memang terbilang tinggi peminat di Indonesia. Lihat saja, penjualannya di bulan Januari 2013 masih mengungguli kompetitor, seperti Daihatsu Xenia dan juga Suzuki Ertiga.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan Januari 2013, di segmen Low MPV, Avanza berhasil menjadi juara dengan total penjualan sebesar 17.471 unit. Jumlah ini jauh melebihi penjualan Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga yang meraup masing-masing penjualan 5.905 unit dan 5.467 unit.

Tak hanya itu, sepanjang tahun 2012 lalu, mobil yang dibanderol dengan kisaran harga Rp 150 juta hingga Rp 188 juta per unit ini mampu mencatat penjualan 192.146 unit. "Avanza masih menjadi penjualan terbesar kami. Pasat di segmen ini besar," kata Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motors kepada Kontan di Jakarta, Rabu (20/2).

Toyota sendiri selama bulan Januari 2013, total mencatat penjualan sebesar 35.923 unit dengan pangsa pasar sebesar 37,15%. Besarnya pasar low MPV memang menggiurkan para pemain otomotif untuk masuk ke segmen ini.

Salah satunya adalah Suzuki Ertiga yang datang hadir pada bulan April 2012 lalu, dan kini menjadi salah satu produk andalan Suzuki. "Ertiga akan jadi tulang punggung karena potensinya sangat besar," kata Endro Nugroho, 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) beberapa waktu lalu.

Selama tahun 2012, mobil yang menyasar segmen keluarga ini memang berhasil mencatat penjualan sebesar 34.074 unit. Untuk mendorong penjualan Ertiga, SIS pada 29 Januari lalu meluncurkan desain baru Ertiga yang dilengkapi dengan AC Double Blower.

Hal tersebut dilakukan agar Ertiga dapat menjadi kendaraan keluarga yang aman, mewah, irit, dan nyaman melalui tagline "Ertiga lebih mengerti keluarga".

Yah, kita lihat saja nanti siapa yang akan menjadi raja di segmen low MPV pada tahun 2013 ini. Apakah masih akan dipegang oleh Toyota Avanza seperti pada tahun 2012 lalu? Ditunggu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×