kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 segmen mobil Toyota menjadi jawara di Indonesia


Selasa, 12 Februari 2013 / 10:08 WIB
10 segmen mobil Toyota menjadi jawara di Indonesia
ILUSTRASI. Sektor perbankan, properti, infrastruktur, dan manufaktur akan diuntungkan oleh pemulihan ekonomi.


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Tahun 2012 Toyota untuk pertama kalinya menembus penjualan di atas 400.000 unit, yakni sebanyak 405.414 unit, dengan pangsa pasar 36,3%. Pertumbuhan penjualan Toyota mencapai 30,5% dibandingkan dengan 2011 sebanyak 310.674 unit.

Dari realisasi penjualan tersebut, Toyota sukses memimpin di 10 segmen kendaraan. Yakni; Berkat Yaris di medium compact car, Fortuner (4x2) di high sport utility vehicle (SUV), Rush di medium SUV, Alphard di luxury MPV, Kijang Innova di medium MPV, Avanza di low MPV, Camry di medium sedan, Corolla di low sedan, Vios di segmen sedan, serta Hi Ace di segmen commercial van.

"Toyota bersyukur pelanggan merespons positif upaya Toyota untuk menghadirkan layanan dan produk terbaik bagi pelanggan. Berkat dukungan pelanggan ini lah Toyota berhasil meraih pencapaian rekor 2012," kata Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), Johnny Darmawan dalam siaran persnya ke KONTAN kemarin (12/2).

Di tahun yang sama juga, Toyota sukses memperkenalkan sedan sport di Indonesia, melalui Toyota 86 yang terjual 169 unit di sepanjang tahun 2012. Sedangkan di sektor komersial, Toyota Dyna meraup pangsa pasar 20,6% dengan kenaikan penjualan 35,4% dari tahun sebelumnya.

Dari sisi layanan, Toyota di tahun 2012 telah memperluas jaringan dengan menambah 21 diler resmi yang tersebar di Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Artinya, di awal tahun 2012, Toyota sudah memiliki 243 diler resmi di seluruh Indonesia.

Ekspor mobil juga positif

Tak hanya di dalam negeri, penjualan Toyota dari sisi ekspor juga mencatat kenaikan. Melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMI), di sepanjang tahun 2012 Toyota mengekspor mobil ke-21 negara. Ekspor mobil Toyota itu naik 69,33% dengan total ekspor mencapai 102.852 unit.

Agar kinerjanya tetap positif, produsen mobil merek Jepang ini berkomitmen menambah investasinya di Indonesia. Dengan target investasi Rp 134 triliun sampai lima tahun yang akan datang, Toyota berniat untuk memperkuat produksi guna mengejar penjualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×