kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.263.000   -4.000   -0,18%
  • USD/IDR 16.658   20,00   0,12%
  • IDX 8.184   17,84   0,22%
  • KOMPAS100 1.144   4,60   0,40%
  • LQ45 837   0,23   0,03%
  • ISSI 284   -0,42   -0,15%
  • IDX30 441   0,53   0,12%
  • IDXHIDIV20 509   0,80   0,16%
  • IDX80 128   -0,10   -0,08%
  • IDXV30 138   -0,14   -0,10%
  • IDXQ30 140   -0,44   -0,31%

AVIA Bukukan Laba Rp 1,18 Triliun pada Kuartal III-2025, Ini Faktor Pendorongnya


Kamis, 30 Oktober 2025 / 16:09 WIB
AVIA Bukukan Laba Rp 1,18 Triliun pada Kuartal III-2025, Ini Faktor Pendorongnya
ILUSTRASI. PT Avia Avian Tbk (AVIA) konsisten mencatatkan pertumbuhan kinerja di sepanjang periode tahun berjalan


Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Avia Avian Tbk (AVIA) konsisten mencatatkan pertumbuhan kinerja di sepanjang periode tahun berjalan. Pencapaian ini tercermin dari kenaikan penjualan dan laba hingga kuartal III-2025.

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, AVIA mencatat total pendapatan konsolidasi sebesar Rp 5,92 triliun, atau tumbuh 9,67% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 5,40 triliun. Sejalan dengan itu, laba bersih tahun berjalan AVIA juga naik 2,5% yoy menjadi Rp 1,18 triliun.

Sedangkan secara kuartalan, penjualan AVIA mampu bertumbuh 14,5% yoy menjadi Rp 2 triliun di kuartal III-2025 (periode Juli–September 2025). Kinerja ini didukung oleh pertumbuhan volume penjualan sebesar 8,2% secara tahunan.

Head of Investor Relations Avia Avian, Andreas Hadikrisno, mengatakan pertumbuhan kinerja pada kuartal ketiga tahun ini didorong oleh peningkatan pada ketiga segmen utama Perseroan, yakni cat tembok dan pelapis anti bocor yang berhasil membukukan pertumbuhan dua digit.

Baca Juga: Avia Avian (AVIA) Masuk Jajaran Fortune Southeast Asia 500

“Avian Brands berhasil mempertahankan momentum pertumbuhan melalui konsistensi tim Perseroan dalam mengeksekusi strategi secara disiplin dan terfokus,” ungkap Andreas, Kamis (30/10/2025).

Keberhasilan ini tercermin dari berbagai inisiatif yang dijalankan di sepanjang kuartal ketiga, mulai dari ekspansi jaringan distribusi, peluncuran produk baru, hingga peningkatan operasional internal yang semakin tangguh dan adaptif terhadap dinamika pasar.

Hingga kuartal III lalu, AVIA telah menambah empat pusat distribusi milik sendiri, sehingga total pusat distribusi Avian Brands kini mencapai 144 titik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ekspansi ini memperkuat komitmen perusahaan dalam memberikan layanan terbaik kepada lebih dari 59.000 toko bangunan di seluruh nusantara.

Sejalan dengan ekspansi ini, AVIA juga telah meluncurkan tiga produk inovatif terbaru di kuartal III-2025, di antaranya Avian Platinum (Kayu & Besi), No Drop Kolam Ikan 2 Komponen (Pelapis Anti Bocor), dan GM 225 Plamir Instan (Semen Instan).

Ketiga produk ini merupakan hasil dari pendekatan proaktif tim Riset, Pengembangan, dan Inovasi (RDI) dalam merespons tren pasar serta menghadirkan solusi inovatif yang relevan.

 

“Sebagai bagian dari strategi untuk memperkuat posisi pasar, Avian Brands melanjutkan kegiatan promosi dan pemasaran yang agresif, khususnya untuk mempercepat pertumbuhan pangsa pasar di tengah ekonomi yang menantang,” tuturnya.

Namun di saat yang sama, Perseroan juga menjaga pengendalian biaya secara disiplin untuk memastikan profitabilitas yang sehat dan berkelanjutan dalam jangka panjang.

Sampai dengan sembilan bulan pertama, marjin profitabilitas tetap terjaga dengan baik, di mana marjin laba kotor tercatat sebesar 42,9%, marjin EBITDA 25,2%, dan marjin laba bersih 20,0%.

Selanjutnya: Promo Minyak Goreng Indomaret 30 Oktober-5 November 2025, Harga Mulai Rp 30.800

Menarik Dibaca: Promo Minyak Goreng Indomaret 30 Oktober-5 November 2025, Harga Mulai Rp 30.800

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×