kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bahlil Sebut KEK Sanur Akan Jadi One Stop Servise Wisata Kesehatan Indonesia


Minggu, 13 November 2022 / 21:06 WIB
Bahlil Sebut KEK Sanur Akan Jadi One Stop Servise Wisata Kesehatan Indonesia
ILUSTRASI. Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia berjalan usai mengikuti sidang kabinet paripurna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (11/10/2022). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Investasi / Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia meninjau perkembangan proyek Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sanur Denpasar Bali. 

Dalam kunjungannya Bahlil menyampaikan KEK Sanur akan menjadi one stop servise wisata kesehatan Indonesia. KEK Sanur nantinya akan memiliki fasilitas kesehatan lengkap.  Diharapkan dengan adanya KEK Sanur nantinya dapat terjadi penghematan devisa dari masyarakat Indonesia yang semula memilih berobat ke luar negeri, kini cukup di negeri sendiri.

"Kawasan ini juga berpotensi bisa menambah pemasukan negara melalui sektor pariwisata,” ungkap Bahlil dalam keteranganya, Minggu (13/11). 

Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (HIN) Iswandi Said, mengatakan pada KEK Sanur ini nantinya akan berdiri rumah sakit berkelas internasional yang menyediakan berbagai fasilitas medis lengkap, seperti unit vertiliti kesuburan, bedah plastik, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Pemimpin Negara G20 Mulai Berdatangan ke Bali, Presiden Jokowi Juga Sudah Datang

Selain itu juga akan disediakan fasilitas pendukung lainnya seperti pusat perbelanjaan serta hotel yang saat ini masih dalam proses revitalisasi.

Nantinya di KEK Sanur akan ada rumah sakit berkelas internasional dari PT Pertamina Bina Media IHC bekerja sama dengan Mayo Clinic yang di dalamnya ada pelayanan khusus untuk orang tua.

KEK Sanur dirancang untuk menjadi KEK kesehatan dan pariwisata. Adpun rencana bisnis fasilitas kesehatan berupa rumah sakit dan klinik, akomodasi hotel dan MICE, etnomedicinal botanic garden, serta pusat komersial yang rencananya akan menggandeng Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengisi pusat perbelanjaannya.

"Kita juga melakukan revitalisasi atau peremajaan pada hotel kita. Hotel kita di sini terkenal dengan tower sepuluh lantai.

Satu-satunya tertinggi di Bali, itu tetap kita pertahankan namun kita revitalisasi.  Diperkirakan akan selesai di Agustus 2023,” ungkap Iswandi.

Baca Juga: Ini Kata Pengamat Jika KTT G20 Bali Tidak Mencapai Komunike

Asal tahu saja, Penetapan KEK Sanur tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2022 yang diteken Jokowi pada 1 November 2022. 

KEK Sanur merupakan pembangunan fasilitas kesehatan di lahan 41,26 hektar. KEK Sanur diprediksi memiliki nilai investasi sebesar Rp 10,2 triliun dengan rencana penyerapan tenaga kerja sebesar 43.647 orang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×