kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bangkit dari krisis 1997, sepak terjang Ciputra seolah tak terbendung


Rabu, 27 November 2019 / 08:14 WIB
Bangkit dari krisis 1997, sepak terjang Ciputra seolah tak terbendung
ILUSTRASI. Ciputra

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ciputra, founder Ciputra Group, memiliki banyak pengalaman jatuh bangun dalam merintis usaha. Salah satunya saat menghadapi krisis ekonomi yang melanda dunia pada tahun 1997.

Krisis tersebut juga menimpa tiga group yang dipimpin Ciputra: Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group. Selain itu, Bank Ciputra yang didirikannya ditutup oleh Pemerintah karena dianggap tidak layak, dan Asuransi Jiwa Ciputra Allstate yang baru dirintis menjelang krisis pun ikut ditutup.

Baca Juga: Mengenang Ciputra, sosok inspiratif yang memulai usaha dari garasi

Dengan adanya kebijakan moneter dari pemerintah dan diskon bunga dari beberapa bank, ia mendapat kesempatan untuk merestrukturisasi utang-utangnya. Akhirnya ketiga group tersebut dapat bangkit kembali dan kini Group Ciputra telah mampu melakukan ekspansi usaha di dalam dan ke luar negeri.

Setelah mampu melewati krisis ekonomi, Ciputra seolah tak terbendung. Ketiga grup perusahaannya, Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group terus melakukan ekspansi. Bahkan, Ciputra berhasil mengembangkan jaringannya ke luar perusahaan, seperti Grup Pondok Indah dan Grup Bumi Serpong Damai. Jumlah seluruh anak usaha dari kelima grup itu di atas ratusan.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Ciputra, founder Ciputra Group tutup usia

Anak usaha Grup Jaya saja sekitar 47 perusahaan dan anak usaha Grup Metropolitan mencapai 54 perusahaan. Selain itu, proyek Ciputra bukan cuma di Indonesia saja. Ia juga melakukan ekspansi usaha ke luar negeri, seperti di Vietnam. Di sana Ciputra punya proyek Citra Westlake City seluas 315 hektare.
"Di Vietnam, tata kotanya sangat indah, paling indah dari semua proyek yang telah saya ciptakan," kata Ciputra saat diwawancarai Kontan pada Januari 2008 silam.

Ciputra juga punya proyek pembangunan kota baru di Calcutta, India. Namun, Ciputra belum puas merasa dengan hasil itu. Menurutnya, nanti masih akan ada lagi, pembangunan kota baru dengan disain yang lebih indah. Ia juga mengatakan, target pengembangan proyek selanjutnya adalah Polandia dan China.

Baca Juga: Ciputra Residence yakin target marketing sales Citra Maja Raya bakal tercapai


Tag

Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×