kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.006,37   -5,10   -0.50%
  • EMAS945.000 0,21%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Bangun Pabrik Baru, Satyamitra Kemas Lestari (SMKL) Siapkan Dana Hingga Rp 700 Miliar


Kamis, 21 Juli 2022 / 13:55 WIB
Bangun Pabrik Baru, Satyamitra Kemas Lestari (SMKL) Siapkan Dana Hingga Rp 700 Miliar
ILUSTRASI. Bangun pabrik baru di Jawa Tengah, Satyamitra Kemas Lestari (SMKL) siapkan dana Rp 600-Rp 700 miliar


Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten kemasan, PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL) menyiapkan dana investasi sebesar Rp 600 miliar-Rp 700 miliar untuk membangun pabrik kemasan baru yang berlokasi di Jawa Tengah. 

Manajemen Satyamitra Kemas Lestari menyebut, ekspansi pabrik anyar ini sebenarnya telah direncanakan sejak 2019 silam. Namun baru bisa terealisasi di tahun ini lantaran sempat terhambat kondisi pandemi. 

"Inilah komitmen SMKL dari awal IPO akan membuka satu pabrik kembali di Jawa Tengah, karana tuntutan beberapa pelanggan utama, di mana mereka juga ekspansi ke Jawa Tengah jadi agar bisa lebih dekat dengan mereka dan tentunya lebih efisien dalam melayani dan dari sisi cost-nya," ungkap Direktur PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk, Herryanto Setiono Hidayat, dalam paparan publik virtual, Kamis (21/7). 

Baca Juga: Laba Satyamitra Kemas Lestari (SMKL) Melesat 21% pada Kuartal I 2022

Dia menuturkan, sampai saat ini proses pembebasan lahan seluas kurang lebih 24 hektar telah selesai dilakukan. Pada Agustus mendatang proses ground breaking sudah mulai berjalan, sehingga diharapkan pada akhir 2023 nanti perusahaan sudah mulai bisa melakukan trial produksi tahap 1. 

"Diharapkan sembilan bulan hingga satu tahun pabrik sudah mulai bisa berjalan. Jadi di akhir 2023 sudah mulai trial produksi, strateginya kami bagi dua tahap, tahap 1 dan tahap 2," tuturnya. 

Setelah pembangunan tahap pertama selesai, nantinya pabrik baru di Jawa Tengah ini akan memiliki dua line produksi dengan total kapasitas kurang lebih mencapai 7.000 ton per bulan. 

Herryanto mengatakan bahwa ke depannya, SMKL juga akan melanjutkan penambahan kapasitas satu line produksi lagi. Sehingga secara keseluruhan, dana investasi yang dikeluarkan untuk pabrik Jawa Tengah ini bisa mencapai Rp 1 triliun. 

 

 

"Tahap pertama kami siapkan Rp 600 miliar- Rp 700 miliar dengan dua line produksi. Untuk tahap selanjutnya bisa mencapai Rp 1 triliun, bila sudah menjadi tiga line produksi," tambah dia. 

Sebagai informasi, SMKL memproduksi empat jenis kemasan, yakni kotak karton bergelombang (corrugated box), pre-print box, offset-printing box, dan rigid box. Adapun, beberapa pelanggan utama perusahaan antara lain,  Unilever, Adidas, Mayora, J.CO, Epson, Oppo, Vivo, dan sebagainya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×