kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,18   -1,18   -0.13%
  • EMAS957.000 0,53%
  • RD.SAHAM 1.14%
  • RD.CAMPURAN 0.23%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Baru dibayar Rp 7 triliun, PLN tagih pemerintah lunasi sisa utang kompensasi


Selasa, 25 Agustus 2020 / 14:09 WIB
Baru dibayar Rp 7 triliun, PLN tagih pemerintah lunasi sisa utang kompensasi
ILUSTRASI. PLN tagih pemerintah untuk lunasi utang kompensasi


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) meminta pemerintah untuk segera melunasi utang kompensasi. Pasalnya, hingga saat ini, pemerintah masih memiliki utang kepada PLN sekitar Rp 38 triliun berupa kompensasi atas tidak adanya penyesuaian tarif listrik.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengungkapkan, pemerintah memiliki utang kompensasi sebesar Rp 45 triliun. Namun, nilai yang sudah dibayarkan pemerintah baru sekitar Rp 7 triliun. PLN berharap, sisa utang tersebut bisa dilunasi pada akhir bulan ini atau di awal bulan depan.

"Dari Rp 45 triliun utang pemerintah kepada kami, Rp 7 triliun sudah dibayar. Sedangkan Rp 38 triliun mudah-mudahan di akhir Agustus atau di awal September dibayar pemerintah," kata dia dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR R, Selasa (25/8).

Baca Juga: Begini strategi PLN untuk kerek pendapatan capai Rp 391,6 triliun di tahun 2021

Zulkifli menambahkan, dengan pelunasan utang tersebut, keberlanjutan keuangan PLN akan terjaga, paling tidak hingga akhir tahun ini. Pasalnya, saat ini perusahaan setrum plat merah itu memiliki utang yang besar, dengan utang jangka panjang mencapai sekitar Rp 530 triliun dan utang jangka pendek lebih dari Rp 150 triliun.

"Kami sangat paham mengenai itu, dan memang di situasi pandemi Covid-19 ini, komitmen kami adalah menjaga sustainability keuangan PLN. Paling tidak sampai akhir Desember ini, sustainability dari keuangan PLN akan terjaga," tegas dia. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×