kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.360.000 0,74%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini Jurus Wahana Interfood (COCO) Genjot Kinerja Bisnis pada Tahun 2024


Senin, 24 Juni 2024 / 13:24 WIB
Begini Jurus Wahana Interfood (COCO) Genjot Kinerja Bisnis pada Tahun 2024
ILUSTRASI. PT Wahana Interfood Nusantara Tbk (COCO) menyusun beberapa strategi khusus untuk meningkatkan kinerja bisnis


Reporter: Leni Wandira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Wahana Interfood Nusantara Tbk (COCO), telah menyusun beberapa strategi khusus untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka pada semester kedua tahun ini.

Salah satu strategi utama mereka adalah memfokuskan diri pada pengembangan pasar domestik, yang merupakan kontributor terbesar pendapatan perusahaan.

Gendra Fachrurozi, Sekretaris Perusahaan Wahana Interfood Nusantara, mengungkapkan bahwa pasar lokal memberikan kontribusi sebesar 99% dari total penjualan COCO.

"Saat ini, kami memfokuskan 99% penjualan kami untuk pasar lokal dan hanya 1% untuk ekspor," kata Gendra saat dihubungi kontan pada Senin (24/6).

Sebelum adanya peraturan ASEAN Free Trade Area (AFTA), COCO pernah fokus pada penjualan ekspor.

Baca Juga: Wahana Interfood Nusantara (COCO) Pastikan Pasokan Kakao Untuk Produksi Aman

"Perseroan fokus dalam penjualan ekspor, akan tetapi kita khawatir dampak dari aturan tersebut, dimana posisi Perseroan ada di Indonesia, dimana Indonesia pasar terbesar di ASEAN tetapi penjualan Perseroan di Indonesia sendiri tidak kuat," ujarnya.

Kini, perusahaan tersebut mengganti strategi dengan memperkuat pasar lokal, meskipun permintaan ekspor tetap tinggi.

"Karena itu, kami memutuskan untuk memperkuat pasar lokal, meskipun permintaan dari luar negeri sebenarnya cukup banyak," lanjutnya.

Selain itu, COCO masih menunggu peningkatan kapasitas dari pabrik baru mereka sebelum kembali fokus pada ekspor.

Saat ini, COCO telah memiliki pelanggan setia dari berbagai negara seperti Filipina, Pakistan, Jepang, dan Korea Selatan.

Gendra menjelaskan bahwa ekspansi pabrik baru mereka yang terletak di Kabupaten Sumedang direncanakan akan mulai beroperasi secara komersial pada Kuartal III-2024.

Dengan beroperasinya pabrik baru ini, COCO optimistis melihat potensi pertumbuhan bisnis yang positif sepanjang tahun ini.

"Dengan operasional pabrik baru, kami akan meningkatkan penetrasi produk dan menjangkau area distribusi baru yang belum tersentuh oleh Schoko," tambahnya.

Rencana ini akan diwujudkan dengan memanfaatkan kapabilitas distribusi yang dimiliki perusahaan, memastikan ketersediaan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat.

 

"Perseroan berencana untuk masuk ke dalam bidang distribusi agar dapat mendistribusikan produk-produk kami secara mandiri," lanjutnya.

Selain itu, COCO terus berinovasi melalui produk-produknya. Pada pertengahan tahun ini, COCO berencana untuk memproduksi varian produk baru seperti waterbased dan selai dengan varian rasa baru yang sedang dikembangkan sesuai kebutuhan pelanggan.

"Kami akan terus berinovasi dan fokus untuk membuat produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Tentunya dengan harga yang kompetitif dan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitor," ungkapnya.

Rencana tersebut akan direalisasikan pada Kuartal III tahun 2024. "Pada kuartal III tahun ini, COCO akan merilis produk waterbased baru yang sesuai dengan selera pelanggan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×