kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45902,60   -24,13   -2.60%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini Pandangan Pengamat Soal Harga Keekonomian Pertamax


Kamis, 30 Desember 2021 / 17:21 WIB
Begini Pandangan Pengamat Soal Harga Keekonomian Pertamax
ILUSTRASI. SPBU Pertamina?di Jakarta. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring dengan mendakinya harga minyak mentah dunia di tahun ini, harga bahan bakar minyak (BBM) juga ikut melakukan penyesuaian.

Ambil contoh, harga BBM Shell Indonesia mengalami penyesuaian yang cukup signifikan dari awal tahun 2021 hingga Desember 2021. Mengacu pada harga BBM Shell di Jakarta, pada Januari 2021 harga Shell Super (RON 92) senilai Rp 9.125 per liter, kemudian pada Desember 2021 harganya sudah di Rp 12.860 per liter. 

"Shell melakukan penyesuaian terhadap harga BBM di SPBU dari waktu ke waktu dengan memperhatikan kondisi pasar kinerja perusahaan serta kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan mengenai harga jual eceran BBM," ujar Corporate Communications Shell Indonesia, Edit Wahyuningtyas, Kamis (30/12). 

Sedangkan, jenis BBM yang sama di PT Pertamina yakni Pertamax (RON 92) di Jakarta belum melakukan penyesuaian harga sejak awal tahun sampai dengan saat ini yakni masih seharga Rp 9.000 per liter. Jika dibandingkan dari kedua BBM ini, terdapat selisih harga Rp 3.860 per liter. 

Direktur Eksekutif Reforminer Institute, Komaidi Notonegoro menilai, secara regulasi Pertamax merupakan jenis BBM Umum yang mana kewenangan penetapan harganya melekat pada badan usaha. 

Baca Juga: Gapmmi: Kenaikan Biaya Energi Dapat Mempengaruhi Harga Produk Mamin di Pasar

"Namun, mengingat status Pertamina sebagai BUMN setiap aksi korporasi minimal harus sepengetahuan pemerintah sebagai pemegang sahamnya yang saya kira mempersulit posisi Pertamina dan mengapa harga Pertamax cenderung ditahan," jelasnya saat dihubungi terpisah.  

Komaidi melihat kemungkinan, harga Pertamax masih stagnan lantaran belum memperoleh restu dari pemerintah selaku pemegang sahamnya. Komaidi mengatakan, untuk melihat harga keekonomian referensinya mudah, yakni harga di SPBU pesaing mencerminkan harga keekonomian yang wajar karena mereka tentu tidak bersedia jual rugi.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×