kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45784,56   -4,98   -0.63%
  • EMAS937.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.36%
  • RD.CAMPURAN -0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Begini penjelasan manajemen Damri 'diam-diam' naikkan tarif bus bandara


Senin, 11 Maret 2019 / 16:00 WIB
Begini penjelasan manajemen Damri 'diam-diam' naikkan tarif bus bandara

Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manajemen Perum Damri menjawab kritik kenaikan tarif bus Bandara Soekarno-Hatta. Direktur Utama Perum Damri Setia B Milatia Moemin mengatakan, pihaknya meminta maaf terkait minimnya sosialisasi kenaikan tarif tiga trayek yang sudah berlaku sejak 7 Januari 2019.

"Perum Damri meminta maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan konsumen, apabila dianggap bahwa sosialisasi kenaikan tarif untuk tiga trayek tersebut kurang intensif dilaksanakan," kata Setia dalam keterangan tertulis, Senin (11/3).


Setia menyebut, sosialisasi telah dilakukan dengan menempelkan pengumuman kenaikan tarif di dalam bus dan lokasi pemberangkatan. Pihaknya berjanji akan terus meningkatkan sosialisasi mengenai hal-hal yang terkait hak konsumen.

Adapun, tiga trayek yang tarifnya dinaikkan Rp 5.000 adalah Karawang-Bandara Soekarno-Hatta, Purwakarta-Bandara Soekarno-Hatta, dan Cikarang-Bandara Soekarno-Hatta.

Setia mengatakan, kenaikan tarif sudah mempertimbangkan kelangsungan usaha dengan tetap memperhatikan daya beli masyarakat. Salah satu alasan kenaikan tarif, lanjut dia, adalah biaya operasional yang membengkak imbas pembangunan di ruas Tol Cikampek.

"Pembangunan di ruas Tol Cikampek yang kita ketahui bersama telah mengakibatkan kemacetan luar biasa sehingga waktu tempuh semakin panjang, target jumlah ritase sulit dicapai, dan biaya operasional armada yang meningkat," ujarnya.

Selain itu, kenaikan tarif juga dipengaruhi faktor ekonomi seperti inflasi, kenaikan upah minimum provinsi (UMP)/upah minimum regional (UMR), serta tarif tol yang naik setiap dua tahun sekali.

Setia melanjutkan, 27 trayek lain yang melayani perjalanan dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta tidak mengalami kenaikan tarif sejak 2014 hingga hari ini.

Sebelumnya, YLKI menyoroti kenaikan tarif bus Damri dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta yang tidak dibarengi sosialisasi kepada para penumpang.

"Diam-diam manajemen Perum Damri menaikan tarif Rp 5.000 untuk jurusan Bandara Soekarno-Hatta. Kenapa kami sebut diam-diam, karena tidak ada sosialisasi," kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi. (Ardito Ramadhan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Diam-diam" Naikkan Tarif Bus Bandara, Ini Penjelasan Damri", 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×