kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45840,00   9,84   1.19%
  • EMAS948.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.25%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Begini progres rencana divestasi ruas tol Jasa Marga ke INA


Kamis, 22 Juli 2021 / 17:20 WIB
Begini progres rencana divestasi ruas tol Jasa Marga ke INA
ILUSTRASI. Jasa Marga masih dalam tahap proses dan komunikasi dengan pihak Indonesia Investment Authority (INA) terkait rencana divestasi sejumlah ruas tol.

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) saat ini masih dalam tahap proses dan komunikasi dengan sovereign wealth fund (SWF), yakni Indonesia Investment Authority (INA) terkait rencana divestasi sejumlah ruas tol.

Corporate Finance Group Head Jasa Marga Eka Setya Adrianto mengatakan, saat ini rencana divestasi jalan tol itu masih dalam tahap proses. "Sebenarnya, kami membuka diri untuk berbagai investor di mana INA salah satunya," ujarnya kepada Kontan.co.id, Kamis (22/7).

Yang terang, pihak Jasa Marga telah menentukan bahwa ruas tol yang diutamakan akan didivestasi adalah yang kepemilikan Jasa Marga di atas 70%. "Karena kami mau maintain di atas 51%," ujarnya.

Namun sayang, Eka enggan menyebutkan lebih rinci mengenai ruas tol mana saja yang berpotensi besar untuk didivestasi dalam waktu dekat. "Kami tidak mau terlalu spesifik menyebutkan ruasnya karena prinsipnya kami terbuka," tegasnya.

Baca Juga: Begini kelanjutan rencana divestasi aset sejumlah emiten BUMN karya

Melansir laporan Kontan.co.id sebelumnya (8/3),  Direktur Keuangan JSMR Doni Arsal menyebutkan sudah ada 9 ruas tol yang berpotensi ditawarkan ke INA.

Kesembilan ruas tersebut adalah Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 km dengan kepemilikan 55%, Jakarta Cikampek II Elevated sepanjang 36,4 km dengan kepemilikan 80%, Semarang-Batang sepanjang 75 km dengan kepemilikan 40%, dan Gempol-Pandaan sepanjang 13,6 km dengan kepemilikan 40%.

Ada juga Pandaan-Malang sepanjang 38,9 km dengan kepemilikan 60%, Gempol-Pasuruan sepanjang 34,2 km dengan kepemilikan 99%, Balikpapan-Samarinda sepanjang 98,9 km dengan kepemilikan 67%, Manado-Bitung sepanjang 39,9 km dengan kepemilikan 65%, dan Bali Mandara sepanjang 9,7 km dengan kepemilikan 65%.

Nah, kalau JSMR mau mendivestasi jalan tol dengan kepemilikan di atas 70%, boleh jadi sejumlah ruas tol yang berpotensi akan didivestasikan Jasa Marga yakni Jakarta Cikampek II Elevated sepanjang 36,4 km dengan kepemilikan 80% dan Gempol-Pasuruan sepanjang 34,2 km dengan kepemilikan 99%.

 

Selanjutnya: Sejumlah emiten BUMN karya akan divestasi aset, begini progresnya

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×