kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Begini strategi penetrasi pasar Aqua Japan di masa pandemi Covid-19


Senin, 20 Juli 2020 / 13:09 WIB
Begini strategi penetrasi pasar Aqua Japan di masa pandemi Covid-19
ILUSTRASI. Model menunjukkan produk peralatan rumah tangga merk Aqua Japan dalam jumpa media di Jakarta Selatan, Senin (16/5/2016). Merk Sanyo berganti nama menjadi Aqua Japan berupaya meningkatkan pangsa pasarnya di Indonesia. (Warta Kota/alex suban)


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak dapat dipungkiri, tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan. Dampak dari pandemi Covid-19 memberi berpengaruh cukup signifikan terhadap perkembangan dunia bisnis dan industri. Termasuk pada bisnis produk peralatan elektronik rumah tangga.

Penurunan permintaan psasar dan kapasitas produksi di awal pemberlakuan peraturan Pembatasan Sosial Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadi tantangan tersendiri bagi industri elektronik.

Menghadapi situasi tersebut, produsen elektronik rumah tangga Aqua Japan menerapkan strategi guna menyesuaikan kinerja perusahaan dengan kondisi di masa Covid 19.

“Kunci untuk dapat terus berkembang bagi kami terletak pada strategi dan inovasi yang tepat. Untuk itu di masa pandemi ini, Aqua Japan terus menghadirkan produk dengan inovasi teknologi yang mampu menjawab kebutuhan konsumen.” kata Presiden Direktur Aqua Japan Indonesia, Kenji Sadayuki dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Senin (20/7)

Baca Juga: Meski ada pandemi corona, Aqua Japan masih optimis kejar pertumbuhan penjualan 15%

Di masa sulit akibat pandemi, Aqua Japan terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen. Melalui inovasi teknologi yang tepat, yang dapat menjawab kebutuhan konsumen, Aqua Japan yakin produknya akan mampu menghadirkan kebahagiaan bagi keluarga Indonesia saat berada di rumah.

“Di masa yang sulit ini, kami ingin berbagi atau menyebarkan kebahagiaan melalui produk inovatif yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat. Saat mereka harus berada di rumah dikarenakan pandemi Covid-19, kami ingin kehadiran produk kami akan membawa kebahagiaan karena dapat membantu aktivitas mereka saat di rumah. Kami berharap kebahagiaan tersebut kemudian dapat mereka sampaikan kepada keluarga yang lainnya,” papar Sadayuki.

Di saat protokol kesehatan dari pemerintah menganjurkan agar masyarakat meminimalisir kegiatan luar rumah dikarenakan pandemi Covid-19, Aqua Japan melihat bahwa konsumen kemudian memiliki kebiasaan berbeda.

Seperti berbelanja kebutuhan sehari-hari seminggu sekali, bekerja dari rumah, dan memperbanyak aktivitas di dalam rumah. Untuk menunjang aktivitas tersebut, Aqua Japan menghadirkan produk dengan teknologi dan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen atau masyarakat saat ini.

Selain itu, Aqua Japan juga memperhatikan, bahwa selama di rumah orang lebih banyak menghabiskan waktu melakukan aktivitas komunikasi di channel digital dan sosial media. Sehingga Aqua Japan saat ini terus melakukan peningkatan untuk program-program berbasis digital.

“Berbagai program kami maksimalkan, untuk memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mengakses produk dan informasi terkait Aqua Japan. Seperti halnya melalui program telemarketing, live streaming online marketing, serta melalui berbagai aktivitas digital lainnya,” kata Head of Marketing Department Aqua Japan Indonesia, Glenn Manengkei.

Baca Juga: Sasar pasar kelas atas, AQUA Japan luncurkan produk AC baru

Lebih lanjut Glenn mengatakan, dengan inovasi yang tepat meski saat ini tengah terjadi pandemi, Aqua Japan yakin produknya akan tetap diminati oleh masyarakat Indonesia.

“Dengan menjawab kebutuhan dari konsumen, kami yakin produk kami mampu menghadirkan kebahagiaan bagi keluarga saat di rumah, dan berharap mereka dapat berbagi kebahagiaan tersebut dengan keluarga lainnya. Sesuai dengan sub-campaign terbaru kami, ‘Spread Happiness’,” tutur Glenn Manengkei.

Di masa pandemi Covid-19, selain membatasi kegiatan luar rumah masyarakat saat ini juga semakin peduli dengan isu terkait kesehatan. Untuk itu Aqua Japan sebagai produsen elektronik rumah tangga yang mengerti kebutuhan konsumen berusaha untuk menjawab kebutuhan tersebut.

“Inovasi teknologi yang kami hadirkan berusaha menjawab apa yang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Seperti menghadirkan air conditioner dengan fitur Aqua Fresh yang mampu membersihkan sendiri debu dan kotoran yang menempel di evaporator dan membunuh 99.99%. virus dan bakteri. Sehingga selalu menghasilkan udara bersih dan sehat bebas dari debu, kotoran, virus, dan bakteri,” jelas Head of Product Planning Department Aqua Japan Indonesia, Meiriano Ullman atau akrab disapa Rian.

Selain itu Aqua Japan juga menghadirkan produk inovatif lainnya, untuk menunjang aktivitas masyarakat selama berada di rumah.

Baca Juga: Dongkrak penjualan, Aqua Japan incar kebutuhan kaum hawa

Seperti menghadirkan produk Android Smart TV yang akan menjadi sarana hiburan yang lengkap bagi keluarga di rumah, kulkas Magic Cooling series dengan tempat penyimpanan yang fleksibel, dan mesin cuci dengan teknologi Smart Dry Function yang mampu mengeringkan pakaian hingga 100% serta wider drum series yang memberikan hasil pencucian lebih bersih 25%.

“Produk kami hadir dengan teknologi terbaik yang mampu menjawab kebutuhan keluarga saat berada di rumah,”kata Rian.

Bila Anda ingin mulai berbisnis kuliner, Rian mengatakan Aqua Japan juga menghadirkan Chest Freezer dan Showcase yang akan menunjang perkembangan bisnis kuliner Anda.

“Kami menghadirkan chest freezer dengan teknologi Turbo Fan Freezer, Electronic Temperature Control, Super Fast Freezing, 48 hours cooling retention yang pastinya akan mampu menunjang perkembangan bisnis Anda. Di masa sulit ini, kami akan tetap menghadirkan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia,” tutup Rian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×