kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Belanja Produk Apple di Blibli Makin Mudah dan Untung Lewat Omnichannel Terintegrasi


Kamis, 14 Desember 2023 / 17:14 WIB
Belanja Produk Apple di Blibli Makin Mudah dan Untung Lewat Omnichannel Terintegrasi
ILUSTRASI. Chief Marketing Officer (CMO) dan Head of Campaign PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) atau Blibli, Edward Kilian Suwignyo (tengah) dan Wilson Kiantoro (kanan) dalam acara Blibli Histeria 12.12.


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gaya hidup yang berubah yang didukung oleh perkembangan teknologi, membuat masyarakat lebih mengandalkan pada kecepatan dan kepraktisan yang akhirnya berpengaruh pula pada cara perubahan cara berbelanja masyarakat jaman sekarang berbelanja. Termasuk dalam berbelanja barang elektronik.

Sejak dunia dilalui Covid-19, kebiasaan orang untuk berbelanja online semakin meningkat meskipun setelah Covid-19 berlalu, pilihan berbelanja secara offline juga kembali terbuka. 

Chief Marketing Officer (CMO) PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) atau Blibli, Edward Kilian Suwignyo misalnya mengatakan bahwa belanja online saat ini bukan lagi menjadi pilihan tapi menjadi satu solusi dari apa yang tidak terpenuhi dalam berbelanja offline. 

“Kalau dulu online itu opsi, orang ngecek harga, segala macam itu online. Tapi sekarang masuknya, belanja online jadi solusi karena orang-orang sudah merasakan kemudahan yang ditawarkan oleh online,” katanya kepada Kontan beberapa waktu lalu.  

Baca Juga: Sambut Harbolnas 2023, Begini Cara Blibli (BELI) Gaet Pelanggan

Kemudian, jika melihat data dari Statista Market Insights, jumlah pengguna e-commerce di Indonesia mencapai pada tahun 2022 ini telah mencapai 178,94 juta orang. Dan jika melihat tren saat ini, pengguna e-commerce di Indonesia diproyeksikan akan terus mengalami peningkatan hingga mencapai 196,47 juta pengguna hingga akhir 2023.

Tren inipun diprediksi akan terus berlanjut hingga tahun 2027 mendatang. Dimana Statista juga memperkirakan bahwa jumlah pengguna e-commerce di dalam negeri mencapai 244,67 juta orang. 

Sayangnya, pasar yang cukup besar ini dimanfaatkan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Berdasarkan ESET dalam surveinya di Asia Pasific tahun 2021 kemarin misalnya merangkum jenis penipuan paling umum adalah penipuan belanja di e-commerce (21%), penipuan media sosial (18%), dan penipuan investasi (15%).

Demi menghindari perangkap penipu, penting untuk kita untuk selalu skeptis dalam memilih tempat membeli barang, termasuk barang elektronik contohnya handphone. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membeli barang langsung dari Authorised Reseller terpercaya yang sudah pasti menjamin barang yang dijual original.

Blibli contohnya sebagai Authorised Reseller Apple di Indonesia, menjamin barang yang dijual baik dari store online maupun store offline adalah barang original. 

“Apple merupakan partner yang strategis bagi Blibli, karena Blibli sebagai Apple Authorised Reseller terpercaya, dimana di seluruh platform Blibli hanya ada barang Apple yang original yang memang bergaransi resmi dari Apple,” ungkap Edward. 

Ia pun menjelaskan kelebihan Blibli sebagai Apple Authorized Reseller dibandingkan toko lainnya:

1. Jaminan Barang Original 

Blibli.com sebagai Apple Authorized Reseller dan omnichannel commerce and lifestyle platform yang memberikan pengalaman hassle-free and worry-free juga memastikan produk yang dikirimkan ke tangan pelanggan adalah produk original.

“Yang pertama Blibli di online itu sebagai Apple Authorized Reseller artinya yang ada di Blibli.com atau di online itu semua barang authorize Apple, artinya garansi resmi. Jadi kalau ada sesuatu itu bisa masuk ke semua titik garansi yang ditentukan oleh Apple,” ungkap Edward. 

Edward juga menjamin bahwa IMEI atau International Mobile Equipment Identity dari Iphone yang dijual Blibli adalah asli dan bukan barang black market. 

“Bukan IMEI yang kemudian ditebus di Indonesia atau barang black market yang kita gak tau asal-usulnya. Bahkan yang terbaru ini ada kasus di market place lain, jual Iphone tapi ternyata palsu. Bayangin, Iphone 15 Pro Max sudah ada palsunya, bentuknya pun sama,” jelasnya.

2. Barang Bisa Dibeli di Omnichannel Blibli

Selain bisa berbelanja produk Apple di Blibli.com, Blibli juga menawarkan pembelian di toko offline-nya yaitu Blibli Store dan juga Hello Store. Ini adalah salah satu komitmen Blibli untuk terus memajukan ekosistem terintegrasi dan serangkaian nilai lebih untuk pelanggan melalui pengalaman omnichannel Blibli. 

  • Blibli Store

Jika membeli alat elektronik, termasuk produk Apple pembeli nantinya dapat memilih jenis produk Apple yang diinginkan melalui official store secara online di Blibli.com, kemudian dikirim ke rumah menggunakan fitur 2 Jam Sampai atau dapat diambil di Blibli Store lewat fitur Click & Collect.

Satrio Pamungkas (27) Customer Service  Blibli Store Kota Casablanca mengatakan pembelian produk Apple di semua Omnichannel Blibli termasuk Blibli Store akan mendapatkan garansi plus yang tidak akan didapat jika membeli dari toko lainnya. 

“Perbedaannya kalo beli iphone atau apple di Blibli Store ada tambahan garansi dari plus Blibli namanya garansi Blibli Care Plus selama satu tahun. Garansi ini bisa mengcover untuk kerusakan-kerusakan karena kesalahan sendiri. Seperti jatuh kemudian layarnya pecah, atau kena cairan misalnya tersiram dan sejenisnya,” ungkap Satrio. 

Satrio menambahkan untuk menghindari penipuan, Blibli.com yang terintegrasi dengan Blibli Store juga sudah memastikan produk yang dikirimkan ke tangan pelanggan adalah original. Pihak Blibli juga ungkap dia akan membantu secara penuh jika ada kendala dalam pengiriman atau sejenisnya. 

“Masyarakat yang sudah tau Blibli apalagi yang ingin beli produk elektronik misalkan Iphone, pasti balik lagi ke Blibli, jika dibandingkan e-commerce lain, karena jaminan original pasti. Dan kalau ada apa-apa proses returnnya gampang banget. Dan itu produk returnnya juga bisa dijemput tanpa ada biaya tambahan lagi,” tambahnya.

Satrio mengatakan hingga kini ada 28 Blibli Store yang tersebar di Indonesia, diantaranya terletak di Central Park Mall Jakarta, TSM Cibubur, Lippo Mall Puri Jakarta, Gandaria City Jakarta, Deli Park Medan, 23 Paskal Bandung, dan Galaxy Mall Surabaya.

  • Hello Store 

Selain Blibli Store, konsumen juga bisa membeli produk Apple di Hello Store. Ini adalah toko ritel Apple resmi (Apple Authorised Reseller) yang berdiri sejak tahun 2022 dan merupakan bagian dari Grup BELI.

Saat ini Hello Store telah ada di 9 tempat yaitu di Trans Park Mall Bintaro, Mall Lippo Cikarang, Kuningan City Mall, UPTOWN Mall BSB City, Mall of Serang, Pluit Village, FX Sudirman, MAL MATAHARI Puri Daan Mogot dan ITC Cempaka Mas.

Jonathan Wijaya (23) selaku Front Liner Hello Store Kuningan City mengatakan produk Apple yang ada di Hello Store juga memiliki jaminan produk 100% original, dan tersedia pula berbagai promo termasuk proteksi kerusakan hingga 1 tahun.

“Sudah terdaftar IMEI-nya jadi sudah terjamin, kemudian untuk promo-promo seperti cicilan 0% hingga 24 bulan serta gratis proteksi kerusakan 12 bulan. Lalu promo tukar tambah, promo cashback bank juga tersedia di sini,” katanya saat ditemui Kontan beberapa waktu lalu. 

Sama seperti Blibli Store, Hello Store juga memberikan pilihan Online-to-Offline (O2O) seperti Click & Collect, Tukar Tambah, hingga 2 Jam Sampai.

“Bisa pilih pick up di store atau dikirim ke alamat rumah. Sistem pengirimannya diatur sama Blibli langsung,” ungkapnya. 

Melalui ekosistem terintegrasi Blibli termasuk Hello Store, stok Iphone dari berbagai seri juga masih cukup lengkap, mulai dari Iphone 11 yang masih banyak dicari masyarakat hingga seri terbaru yaitu Iphone 15. 

NULL

3. Ekstra Proteksi dan Benefit untuk Produk Apple Pilihan

Selain garansi Blibli Care Plus selama satu tahun, pelanggan juga bisa menikmati layanan servis berkualitas bersama PT Mitra Care Indonesia. 

Hal ini dilakukan Blibli melalui anak usahanya Blibli Omnichannel Group (Blibli OMG) yang telah kerjasama dengan PT Mitra Care Indonesia dalam menghadirkan drop-off point untuk service perangkat Apple. 

Sehingga pelanggan dapat mengirim produk terkait milik mereka yang akan diperbaiki ke seluruh jaringan ritel Hello Store yang tersebar di sembilan lokasi di Indonesia.

Edward juga mengatakan kerjasama ini sejalan dengan semangat baru Blibli, yakni simplify to amplify, sehingga akan semakin memudahkan pelanggan dalam merasakan experience belanja produk-produk Apple di ekosistem Blibli yang saling terintegrasi. 

Selain proteksi, keuntungan lain yang ditawarkan ada dari sisi pembayaran. Dimana Blibli memiliki opsi pembayaran yang lengkap dan seamless melalui Blibli tiket paylater yang menyediakan cicilan 0% tanpa kartu kredit. dengan hemat hingga Rp 1.1 jutaan. 

“Karena Iphone lumayan harganya, waktu kami launching Iphone 15 Promax yang 1 tera itu misalnya, jadi kami tawarkan juga menggunakan Blibli-Tiket Paylater,” ungkap Edward. 

Baca Juga: Blibli (BELI) Luncurkan Kampanye Gerakan untuk Hindari Penipuan Online

Nantinya, pembelian produk Apple juga akan mendapatkan Blibli-Tiket rewards point, yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi di Blibli, Tiket.com serta Ranch Market. 

“Ketika beli kita, kasih reward dalam bentuk point. Dan pointnya bisa kita gunakan kembali oleh konsumen. Misalnya, mau jalan-jalan dan staycation, bisa digunakan untuk beli tiket atau booking hotel di Tiket.com atau beli kebutuhan harian di Ranch Market,” kata Edward. 

Pengalaman after-sales produk Apple yang memuaskan yang ditawarkan Blibli mulai dari Buyback guarantee, Apple Warranty yang berlaku di seluruh Apple Service Center yang tersebar di Indonesia, ekstra proteksi hingga 12 bulan hingga layanan drop-off untuk perbaikan perangkat Apple di seluruh jaringan ritel Hello Store disebut Edward sebagai langkah konkrit Blibli terus mengembangkan kualitas omnichannel yang kuat di seluruh Indonesia. 

“Omnichannel e-commerce memang satu hal yang memang kita fokuskan terus, bahkan sebelum tahun ini ya. Sekarang gaya hidup orang sudah combine antara online dan offline, jadi inilah waktunya dimana masyarakat Indonesia bisa merasakan manfaat dari gaya baru omnichannel e-commerce dari Blibli,” ungkapnya. 

Sebagai Apple Authorized Reseller, ia juga memberi bocoran produk Apple apa saja yang menjadi buruan masyarakat hingga saat ini. 

“Sebagai Apple Authorized Reseller, kami memastikan selalu support apple untuk memastikan semua produk apple yang beredar di Indonesia adalah asli. Kalau tipe, saat ini yang penjualannya bagus adalah Promax. Mulai dari Iphone 12,13, 14, tapi yang terbaru ini, antusiasmenya memang lebih tinggi yaitu yang 15 pro max,” tutup Edward.

Selanjutnya: Kolaborasi Grant Thornton dan BEI, Ciptakan Peluang untuk Pertumbuhan Bisnis

Menarik Dibaca: 4 Masalah Kulit yang Sering Muncul Saat Menstruasi, Apa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×