Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Melampaui semester I-2023, Traveloka, berhasil mencatat kenaikan pada pencarian penerbangan luar negeri sebesar hampir 3 kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.
Peningkatan tersebut selaras dengan data dari Bidang Statistik dan Distribusi Jasa BPS, yang menyatakan bahwa selama Januari hingga Juli 2023, jumlah penumpang angkutan udara tujuan internasional mencapai sebanyak 8,4 juta orang atau naik sebesar 258,55% dibandingkan periode yang sama tahun 2022.
Memahami preferensi konsumen yang terus meningkat pada perjalanan luar negeri sejak tahun lalu, Traveloka berinisiatif kembali menggelar Traveloka Travel Fair yang hadir secara online dan juga offline di Kota Kasablanka Mall dengan beragam penawaran menarik untuk seluruh produk travel, sehingga dapat memudahkan konsumen mewujudkan rencana perjalanannya.
Traveloka Travel Fair kali ini tampil berbeda dengan sebelumnya, di mana untuk pertama kalinya konsumen dapat dilayani langsung oleh tim dari Traveloka.
Baca Juga: Traveloka Catat Minat Perjalanan ke Luar Negeri Meningkat, Salah Satunya Jepang
Iko Putera, CEO Transport Traveloka mengatakan, data internal Traveloka menunjukkan adanya peningkatan pada pencarian penerbangan luar negeri pada semester pertama tahun ini. Hal tersebut mencerminkan minat perjalanan konsumen masih menunjukkan tren positif.
“Seiring dengan peningkatan tersebut, jumlah transaksi untuk perjalanan internasional pada semester I-2023 mengalami peningkatan signifikan sebesar 4 kali lipat dibandingkan dengan semester I-2022,” ujar Iko dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Rabu (27/9).
Lebih lanjut, seiring peningkatan minat perjalanan internasional tersebut, Traveloka konsisten menghadirkan solusi inovatif dan komprehensif untuk menjawab kebutuhan konsumen yang semakin beragam.
Berangkat dari komitmen Traveloka menghadirkan pengalaman perjalanan terbaik baik bagi konsumen, tim Traveloka terinspirasi untuk menghadirkan inovasi.
Untuk pertama kalinya tim travel expert Traveloka akan menemui konsumen secara langsung dan melayani langsung para konsumen untuk membantu perencanaan perjalanan mereka.
Layanan offline ini memungkinkan konsumen untuk berdiskusi langsung dalam mendapatkan opsi penerbangan terbaik sekaligus menjadi kesempatan bagi Traveloka untuk memahami langsung kebutuhan perjalanan mereka.
Baca Juga: PwC: Traveloka Ciptakan Nilai Tambah Bruto di Indonesia US$ 10 Miliar pada 2019-2022
"Tidak hanya memberikan rekomendasi harga terbaik, tim travel expert dari Traveloka juga akan memberikan konsultasi secara langsung mulai dari inspirasi perjalanan, pencairan, hingga solusi fleksibilitas perjalanan seperti fitur Refund Guarantee," jelas dia.
Gelaran Traveloka Travel Fair kembali dihadirkan di Mal Kota Kasablanka Jakarta selama sepekan, sejak 25 September hingga 1 Oktober 2023, mulai pukul 10.00-21.00 atau mengikuti jam operasional mal.
Konsumen berkesempatan mendapatkan penawaran terbaik untuk seluruh produk travel mulai dari pesawat, akomodasi, hingga travel activities dengan metode pembayaran yang beragam serta potongan harga tambahan dari mitra maskapai dan bank.
Tidak hanya digelar secara offline, konsumen yang belum dapat berkunjung ke Mal Kota Kasablanka tetap dapat menikmati berbagai penawaran menarik selama Traveloka Travel Fair berlangsung melalui aplikasi Traveloka.
Selain peningkatan minat pada perjalanan luar negeri secara umum, data internal Traveloka juga menunjukkan peningkatan minat pada perjalanan ke Jepang.
Baca Juga: Bos Traveloka Terpilih Jadi Petinggi Endeavor Indonesia
Hal ini terutama terlihat pada data kuartal II-2023 yang mencatat jumlah transaksi untuk penerbangan ke Jepang tumbuh 4 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun 2022.
Destinasi menuju Tokyo, Osaka, Nagoya, Fukuoka, dan Sapporo tercatat sebagai lima kota favorit pengunjung.
Menanggapi tingginya minat perjalanan ke Jepang, Traveloka Travel Fair kali ini pun memberikan berbagai penawaran menarik seperti terbang ke Jepang mulai dari Rp 4,5 juta, diskon 30% untuk fitur 100% Refund Guarantee, serta cicilan 0% dari beberapa Kartu Kredit pilihan.
Konsumen juga bisa mendapatkan harga tiket promo khusus dan merchandise dari maskapai yang berpartisipasi, serta tiket pesawat gratis untuk pelanggan dengan total pembelanjaan tertinggi.
“Inti dari layanan Traveloka adalah senantiasa memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen. Kami berharap, dengan konsep baru serta berbagai promo menarik yang dihadirkan, Traveloka akan semakin menegaskan posisinya sebagai platform perjalanan pilihan konsumen,” tutup Iko.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News