Reporter: Adi Wikanto, Sanny Cicilia | Editor: Adi Wikanto
KONTAN.CO.ID - Jakarta. Bergaransi dan aman dari onderdil serta oli palsu. Hal itulah yang menjadi alasan sejumlah konsumen Toyota selalu mempercayakan perawatan mobil kesayangannya di bengkel Auto2000.
Memang kenyataannya, garansi dan orisinalitas-lah yang membuat konsumen otomotif di Indonesia. Pasalnya, di tengah perkembangan industri otomotif di tanah air, banyak pihak yang berlaku curang dengan membuat atau memasarkan produk palsu.
Terbukti, hampir tiap tahun ada saja kasus penggerebekan onderdil atau oli palsu. Seperti pada Juli 2024, polisi membongkar praktik industri oli palsu di Tangerang, Banten. Di kasus ini, petugas berwajib menyita 7.200 botol oli palsu siap edar.
Sebulan sebelumnya, Polda Banten menggerebek dua tempat produksi oli palsu di Serang. Hampir 10.000 botol oli palsu siap edar diamankan oleh petugas.
Tahun 2023, Bareskrim Polri berhasil mengungkap produsen oli palsu di Jawa Timur. Hasil penyelidikan menemukan, produsen oli palsu itu sudah beroperasi sejak tahun 2020 dengan omset sekitar Rp 20 miliar per bulan.
Tentu saja, penggunaan oli palsu bisa merusak mesin kendaraan bermotor. Tak mau berisiko mahal, Anna Perwitasari, pemilik Toyota Raize selalu servis mobil secara rutin ke bengkel Auto2000 di Jl Pramuka, Jakarta. "Biasanya servis rutin setiap Februari dan September," kata Anna saat berbincang dengan KONTAN, November 2024.
Warga Cijantung, Jakarta Timur ini rela mengendarai mobil kesayangannya ke bengkel resmi Toyota itu yang berjarak 18 km dari rumah. Selain faktor keamanan dan garansi, bengkel Auto2000 menjadi pilihan karena sudah menjadi langganan keluarga.
Baca Juga: Klik Sscasn.bkn.go.id, Pendaftaran Seleksi PPPK 2024 Tahap 2 Dibuka, Cek Gaji P3K
Keluarga Anna memang penyuka mobil Toyota. Orang tuanya telah menunggangi Toyota sejak lama. Lalu, adiknya juga pengguna Toyota Yaris. "Semua selalu servis ke Auto2000 Pramuka," kata penghobi badminton ini.
Apalagi, selama ini layanan di Auto2000 memuaskan. Tidak pernah ada keluhan selama keluarga Anna menjadi pelanggan Auto2000. Ruang bengkel juga luas dan didukung montir yang banyak serta ahli, tidak perlu antre.
Ruang tunggu nyaman, dilengkapi dengan AC, wifi, snack, dan minuman gratis seperti kopi, teh, hingga air mineral serta minuman botol berbagai varian. "Servis mobil biasanya selesai dalam waktu 1 sampai 1,5 jam, tapi saya menunggu tidak terasa, karena nyaman dan bahkan bisa sambil bawa kerjaan," ungkap Anna.
Tanggapan serupa juga disampaikan Sihadi, pemilik Toyota Fortuner. Warga Cipinang Melayu, Jakarta Timur ini juga pelanggan setia Auto2000, tapi cabang Kalimalang.
Selain faktor keamanan dan kenyamanan, pegawai bank swasta ini mengaku selalu puas dengan layanan Auto2000 Kalimalang. "Hasil kerjaan montir-montir selalu beres, tidak ada PR (pekerjaan rumah) susulan dan mobil keluar dari bengkel selalu kinclong luar-dalam," kata Hadi.
Ya, Auto2000 memiliki prosedur standar untuk pelayanan di bengkel. Tak hanya diservis, mobil yang telah selesai perawatan dan perbaikan selalu dicuci. Kotoran plastik hingga debu di dalam kabin pun dibersihkan. "Makanya sejak 2011, saat masih menggunakan Innova, saya selalu servis rutin di Auto2000," terang warga asal Klaten, Jawa Tengah ini.
Tonton: Suku Bunga Turun, Bunga Di Bank Malah Naik