kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berkat Sejumlah Langkah Strategis, BWPT Cetak Kenaikan Laba Bersih 3 Kali Lipat


Selasa, 30 April 2024 / 15:12 WIB
Berkat Sejumlah Langkah Strategis, BWPT Cetak Kenaikan Laba Bersih 3 Kali Lipat
ILUSTRASI. Henderi Djunaidi, Direktur Utama PT Eagle High Plantation Tbk. (BWPT).


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Eagle High Plantations Tbk (BWPT) membukukan kenaikan laba bersih di kuartal I-2024 sebesar 364% atau mencapai Rp 50,89 miliar di kuartal I-2024 dibandingkan dengan laba bersih di periode yang sama tahun lalu yang hanya Rp 10,96 miliar. Meskipun memang harga jual rata-rata CPO pada kuartal I-2024 ini cenderung lebih rendah 1% dibandingkan dengan kuartal I-2023.

Peningkatan produktivitas merupakan salah satu faktor pendukung BWPT berhasil membukukan pertumbuhan EBITDA sebesar 25%, meningkat dari Rp 252,96 miliar pada kuartal I -2023 menjadi Rp 315,41 miliar pada kuartal I -2024.

Perlu diketahui juga langkah strategis rasionalisasi aset non-strategis yang dilakukan BWPT sepanjang tahun 2021-2023 berhasil mempercepat turnaround sehingga BWPT dapat fokus untuk terus meningkatkan produktivitas.

Direktur Utama BWPT Henderi Djunaidi mengatakan, peningkatan yang terjadi ini berkat keberhasilan konsistensi serta fokus pada produktivitas, efisiensi dan profitabilitas yang telah dilakukan BWPT selama beberapa tahun terakhir dimana hal ini sangat efektif meningkatkan kinerja keuangan BWPT khususnya di kuartal I-2024.

Efektivitas kinerja keuangan BWPT juga terlihat dari penguatan rasio keuangan seperti Gross Margin dan Operating Margin yang tumbuh sebesar 36% dan 51% dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun sebelumnya.

Pada kuartal I-2024 ini, FFB dan CPO yield per hektar tumbuh masing-masing sebesar 40% dan 51% dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya.

“Q1-2024 ini merupakan tahap penyesuaian, namun kami tetap fokus pada peningkatan produktivitas, efisiensi dan profitabilitas hingga akhir tahun 2024," kata Henderi dalam keterangan resmi, Selasa (30/4).

Sejalan dengan Roadmap Certified Oil dan ramah lingkungan yang telah dicanangkan, BWPT telah resmi menambahkan 1 sertifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) baru untuk PKS PT Bumihutani Lestari di Kalimantan Tengah.

Pencapaian ini merupakan dedikasi BWPT atas komitmen keberlanjutan dalam kegiatan bisnisnya serta memberikan nilai tambah atau harga premium pada pendapatan BWPT. 

Di sisi lain, BWPT telah memperoleh peringkat idA-/Stable dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) atas data dan informasi yang telah disampaikan serta Laporan Keuangan Audit pe 31 Desember 2023. Hasil peringkat tersebut mencerminkan profil pengelolaan operasional BWPT yang kuat, permintaan minyak sawit yang stabil dan fleksibilitas finansial yang relatif kuat.

"Dengan pencapaian yang berhasil diraih pada kuartal I-2024 ini serta arus kas operasional yang semakin menguat sebesar 163% YoY, BWPT optimis dapat meraih peringkat yang semakin baik ke depannya," tutur Henderi.

Selanjutnya, BWPT tetap berfokus pada penerapan praktik agronomi yang baik, peremajaan pabrik dan alat-alat berat serta terus meningkatkan kesejahteraan karyawan termasuk peningkatan keterampilan dan kompetensi karyawan.

Selain itu, pembangunan Kernel Crushing Plant (KCP), Biogas dan peningkatan kapasitas PKS tetap menjadi prioritas BWPT untuk meningkatkan produksi dan pendapatan ke depan. “Dengan pencapaian Kuartal I yang solid, kami optimis target double digit tahun ini dapat tercapai," kata Henderi 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×