kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.004,21   -4,21   -0.42%
  • EMAS1.133.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Beroperasi Agustus, Ini Penyebab Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung Belum Ditetapkan


Rabu, 14 Juni 2023 / 17:25 WIB
Beroperasi Agustus, Ini Penyebab Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung Belum Ditetapkan
ILUSTRASI. Rangkaian Electrical Multiple Unit (EMU) KCIC 400 AF menuju Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) usai menjalani Hot Sliding Test di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/5/2023).


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) belum ditetapkan meskipun KCJB ditargetkan dijadwalkan mulai beroperasi pada Agustus 2023. 

Manager Corporate Communication KCIC, Emir Monti, menjelaskan bahwa hingga saat ini penetapan tarif KCJB masih dalam tahap pembahasan bersama stakeholder terkait.  "Untuk tarif belum kami publikasikan karena masih dibahas," kata Emir di Stasiun KCJB Halim, Jakarta, Rabu (14/6). 

Emir  menuturkan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Pusat Pengujian, Pengukuran, Pelatihan, Observasi, dan Layanan Rekayasa (POLAR) Universitas Indonesia untuk menetapkan tarif yang ideal buat KCJB. 

Baca Juga: KCIC Targetkan Kereta Cepat Jakarta Bandung Beroperasi Komersial Oktober 2023

Seperti diketahui, secara keseluruhan progres pembangunan proyek KCJB sudah hampir rampung. Pembangunan Stasiun Halim saat ini sudah mencapai 92%, berikutnya Stasiun Karawang dan Tegalluruar mencapai 93% dan Stasiun Padalarang mencapai 63%. 

KCIC memastikan Agustus mendatang KCJB sudah mulai beroperasi dan dikenalkan kepada masyarakat luas. Namun begitu operasi secara komersial baru akan dilakukan pada Oktober mendatang. 

Baca Juga: Ada fasilitas KCJB dan LRT Jabodetabek, Metland Akan Mengerek Harga Properti

"Saat ini juga kita terus bersama dengan Kemenhub agar KCJB dapat beroperasi sesuai ketentuan. Jadi Agustus tetap bisa beroperasi dan sampai September, dan dilanjutkan sampai Oktober diharapkan beroperasi secara normal," jelas Emir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

[X]
×