kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bidik pertumbuhan 12%, ini strategi Metrodata (MTDL)


Selasa, 23 Juli 2019 / 21:59 WIB
Bidik pertumbuhan 12%, ini strategi Metrodata (MTDL)


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Metrodata Electronics Tbk akan menggenjot pertumbuhan dengan cara mengandalkan diversifikasi produk.

Randy Kartadinata, Sekretaris Perusahaan Metrodata Electronics menyebutkan bahwa sepanjang tahun ini pihaknya membidik pertumbuhan pendapatan dan laba bersih masing-masing 12% dan 12,5%.

Untuk itu, pihaknya akan terus mengandalkan strategi yang telah diterapkannya. "Dengan strategi diversifikasi segmen bisnis dan produk," ujarnya kepada kontan.co.id, Selasa (23/7).

Menurutnya, dengan strategi diversifikasi risiko yang dialami bisa ter-'spread' bila terjadi perubahan segmen bisnis atau preference produk sehingga pihaknya tetap bertumbuh.

Lebih rinci, ia memaparkan strategi dari tiga unit bisnis yang dimilikinya yakni distribusi, solusi, dan konsultasi. Dari distribusi, Randy memaparkan akan terus mendukung para klien ke arah solusi terpadu Internet of Things (IoT), menambah portofolio komponen-komponen IT, serta meningkatkan penjualan ke LKPP (segmen penjualan government) melalui platform e-commerce yang bertumbuh signifikan.

Kemudian, dari unit solusi emiten dengan kode saham MTDL di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini akan terus meningkatkan diversifikasi portofolio aplikasi spesifik seperti Human Capital Management, Student Life Cycle Management, serta solusi-solusi lain seperti Robotic Process Automation (RPA) yang mengotomasi proses bisnis yang repetitif dan manual dengan dijalankan oleh virtual robot. "Kami juga akan memperluas segmen bisnis ke perusahaan2 kecil dan menengah," terangnya.

Terakhir, untuk unit solusi dan konsultasi MTDL akan fokus ke Big Data & Analytics yang mengolah data untuk perencanaan ke depan ataupun predictive analytic dengan membangun divisi baru, serta rencananya akan menjual data science as a services.

Dari strategi yang diterapkannya tersebut pihaknya optimis dapat mencapai target tahun ini. Adapun selain strategi internal perusahaan faktor eksternal seperti kondisi ekonomi yang membaik, suku bunga yang turun, serta  kebutuhan IT yang masih tidak terbatas menjadi katalis positif untuk mendorong kinerja MTDL di paruh kedua tahun ini.

Berdasarkan laporan keuangan MTDL, sepanjang semester I kemarin pihaknya telah catatkan pertumbuhan kinerja. Adapun pendapatan MTDL tumbuh 13,65% menjadi Rp 6,16 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp 5,42 triliun.

Demikian dengan bottom line perusahaan. Laba bersih MTDL tercatat sebesar Rp 152,52 miliar tumbuh 32,31% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, Rp 115,28 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×