Reporter: Leni Wandira | Editor: Khomarul Hidayat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ciputra Development Tbk (CTRA) menilai kondisi pasar properti dan hospitality menunjukkan perbaikan pada semester II/2025, meskipun masih dihadapkan pada tantangan daya beli masyarakat dan efisiensi belanja pemerintah.
CTRA tetap menjaga target marketing sales sebesar Rp 11 triliun pada tahun ini, sejalan dengan strategi fokus pada segmen residensial.
Direktur CTRA Harun Hajadi mengakui tekanan terhadap sektor hospitality terjadi pada paruh pertama tahun ini. Okupansi hotel turun sekitar 8%, yang salah satunya disebabkan pemangkasan anggaran perjalanan dinas instansi pemerintah.
“Ya memang di semester I sektor hospitality ada penurunan, kira-kira sekitar 8%. Saya melihat memang pasti ada pengaruh dari program efisiensi dari pemerintah,” ujar Harun saat dihubungi KONTAN, Selasa (29/7/2025).
Baca Juga: Ciputra Development (CTRA) Raih Marketing Sales Rp 4,2 Triliun Per Juni
Namun, Harus melihat, kondisi mulai membaik pada awal semester II/2025. “Tetapi di semester II ada perbaikan dari okupansi, mungkin juga disebabkan karena ada perubahan policy. Mudah-mudahan pemerintah membuka lagi kran untuk meeting-meeting di hotel-hotel,” harapnya.
Meski begitu, Harun mengatakan, bisnis perhotelan bukan kontributor utama bagi CTRA. “Hotel di CTRA kan portofolionya kecil, kecil sekali, total room keys hanya 1.066. Portofolio terbesar kami ada di perumahan, terutama landed residential,” jelasnya.
Dari sisi kinerja, CTRA mencatat marketing sales sebesar Rp3,15 triliun sepanjang kuartal I/2025. Meski turun 5% secara tahunan, pencapaian ini meningkat 35% dibanding kuartal sebelumnya. Pendapatan juga tumbuh 17,9% YoY menjadi Rp 2,73 triliun. Sementara laba bersih naik 36,6% menjadi Rp 660,4 miliar per akhir Maret 2025.
Melihat tren tersebut, CTRA tetap optimistis mengejar target tahunan. Selain mempertahankan target marketing sales Rp 11 triliun, CTRA juga membidik kenaikan pendapatan 5%–10% serta pertumbuhan laba bersih 10%–15% dibanding 2024.
Baca Juga: Ciputra Development (CTRA) Raih Marketing Sales Rp 3,15 Triliun di Kuartal I-2025
Selanjutnya: Kwik Kian Gie, Nasionalis Indonesia Sejak Belia Meski Tetap Menggunakan Nama Tionghoa
Menarik Dibaca: Herbalife Indonesia Ekspor Perdana Suplemen Immunoturmeric ke Malaysia
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News