kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,84   -10,68   -1.14%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis laboratorium ramai, Permintaan check up di Pathlab 10.000 spesimen per bulan


Kamis, 05 Agustus 2021 / 19:04 WIB
Bisnis laboratorium ramai, Permintaan check up di Pathlab 10.000 spesimen per bulan
ILUSTRASI. Bisnis laboratorium ramai, Pathlab catat permintaan check up 10.000 spesimen per bulan.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis laboratorium medis makin ramai saat pandemi Covid-19. Pathlab Laboratorium Klinik pun membuka layanan- layanan baru terkait pemeriksaan Covid-19.

Sebelumnya, Pathlab juga turut melayani pemeriksaan seperti Laboratory Testing (Hematology, Urinalysis, Cardiac Marker, Diabetic, etc), Diagnostic Service (Electrocardiography, Physical Examination, X-ray, etc), hingga Covid Test (PCR, Antigen, Serology, etc).

Elvis Leo, Manager Operasional Pathlab Laboratorium Klinik mengatakan, banyaknya laboratorium klinik saat ini, membuat Pathlab terus memberikan layanan medis mulai dari menempatkan outlet dengan posisi yang strategis, harga yang sangat terjangkau, hingga kualitas tinggi untuk alat dan reagent di dalam laboratorium.

“Bicara mengenai sisi laboratorium, Pathlab tidak setengah-setengah dalam memilih teknologi yang dapat mendukung proses penelitian spesimen. Demi meningkatkan kredibilitas masyarakat dalam hal hasil pemeriksaan, Pathlab menggunakan reagent dan mesin terbaik dari Eropa yang sudah diakui secara Internasional. Jenis reagent yang digunakan dapat mempengaruhi keakuratan suatu hasil,” ujar dia kepada Kontan.co.id, Kamis (5/8).

Baca Juga: Sepanjang semester I 2021, Prodia (PRDA) layani 8 juta pemeriksaan kesehatan

Dia bilang, setelah membuka rapid test, Pathlab juga membuka layanan Serology Antibody dimana pada saat itu Serology Antibody masih sangat awam dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Tercatat, sampai saat ini Pathlab memiliki 4 cabang di Jakarta dan satu cabang di Medan. Elvis mengatakan, untuk cabang di Jakarta berlokasi di Kelapa Gading, Sunter, Muara Karang dan Kebon Jeruk sementara di wilayah Medan terdapat di wilayah Sutomo.

Pathlab mencatat permintaan check up per bulan bisa mencapai 8.000 hingga 10.000 spesimen. Spesimen ini sudah termasuk dengan pemeriksaan Covid-19.

Elvis mengatakan, ke depannya Pathlab akan terus mengembangkan jenis pemeriksaan-pemeriksaan baru yang dapat kita jalankan di laboratorium yang ada di Jakarta.

“Dalam waktu dekat, Pathlab akan memiliki Laboratorium khusus PCR secara mandiri. Artinya, Pathlab sudah bisa mengolah spesimen PCR sendiri,” ujar dia.

Untuk saat ini, Pathlab masih bekerjasama dengan Laboratorium lain untuk pengolahan spesimen PCR.

Di samping itu, Pathlab juga berencana akan membuka dua gerai baru di wilayah Surabaya dan Jakarta Pusat. Dia bilang keduanya saat ini sedang proses untuk perapihan sesuai dengan konsep Home agar  pasien merasa nyaman saat berada di Klinik.

“Khusus di gerai Jakarta Pusat, kami berencana akan membuat layanan drive thru karena layanan ini sedang trend untuk mempermudah masyarakat melakukan pemeriksaan Covid-19,” imbuh Elvis.

Baca Juga: Kinerja moncer, pendapatan Itama Ranoraya (IRRA) melesat 611,6% di semester I-2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×