kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis mobil bekas Bergeser ke Karawang


Jumat, 23 Maret 2018 / 19:15 WIB
Bisnis mobil bekas Bergeser ke Karawang
ILUSTRASI.


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis bursa mobil bekas nampaknya masih menarik. Terbukti, hari ini WTC Mangga Dua bakal membuka bursa mobil seken di kota Karawang dengan nama Bursa Mobil Resinda.

Herjanto Kosasih, Manajer Pemasaran Senior WTC Mangga Dua menjelaskan saat ini konsumen lebih banyak membeli mobil bekas ke bursa ketimbang harus ke gerai stand alone. Sebab menurutnya konsumen bisa membandingkan langsung kendaraannya. "Konsumen di luar Jakarta juga potensinya kami lihat besar," kata Herjanto kepada Kontan.co.id Jumat (23/3).

Menurutnya saat ini baru ada sekitar 22 pedagang di WTC Karawang. Dengan display mobil sebanyak 200 mobil. Targetnya, pada tahun ketiga stok display mobil bekas bisa mencapai 1.000 unit. "Untuk saat ini per bulan kami targetkan penjualan bisa mencapai 200 unit," jelas Herjanto.

Menurutnya angka tersebut terbilang kecil ketimbang WTC Mangga Dua. Saat ini per bulan di WTC Mangga Dua bisa mencapai 2.400 unit per bulan. "Tapi kita lihat banyak pola belanja konsumen baru di pinggiran Jakarta yang trade in mobil sehingga punya mobil pelat ganjil dan genap," tambah Herjanto.

Sementara itu, bisnis penjualan mobil bekas di WTC Mangga Dua diklaim masih bertumbuh ketimbang tahun lalu. "Kuartal I-2018 penjualan diperkirakan sudah mencapai 7.000 unit," lanjut Herjanto.

Hal ini terjadi karena musim bulan lebaran tahun ini yang mundur. Sehingga konsumen banyak yang sudah mencari mobil bekas baru di tahun ini. 

Meski ada peningkatan, Herjanto mengaku belum mau mengubah target awal penjualan yakni 35.000 unit. "Kami lihat ini tahun politik jadi targetnya sama saja seperti tahun lalu," jelasnya.

Asal tahu saat ini mobil yang paling banyak diincar dari segmen multi purpose vehicle (MPV) seperti Toyota Avanza dan Honda Mobilio. Kemudian diikuti mobil Low Cost Green Car (LCGC) seperti Honda Brio, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×