Reporter: Leni Wandira | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga tiket pesawat di Indonesia cenderung lebih mahal dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Menurut Tony Fernandes, CEO Capital A, ada beberapa faktor utama yang berkontribusi terhadap tingginya biaya tiket pesawat di Indonesia.
Pertama, harga bahan bakar di Indonesia jauh lebih tinggi, sekitar 28% lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya.
Kedua, Indonesia juga menerapkan PPN atas pajak bahan bakar, yang semakin menambah beban biaya operasional maskapai.
Tony menjelaskan bahwa kebijakan pembatasan wajar yang diterapkan di Indonesia menyebabkan maskapai harus menurunkan harga tiket untuk mematuhi regulasi.
"Menariknya, pembatasan wajar membuat harga tiket menjadi lebih mahal karena maskapai penerbangan harus menurunkan harga tiket lebih rendah," kata Tony saat acara media roundtable eksklusif yang digelar di Fairmont Hotel Jakarta, Kamis (5/9).
Baca Juga: AirAsia Resmi Layani Rute Langsung Kuala Lumpur-Labuan Bajo 3 Kali Seminggu
Ironisnya, meskipun pembatasan ini dirancang untuk melindungi konsumen dengan harga tiket yang lebih rendah, pada kenyataannya hal ini justru membuat tiket pesawat menjadi lebih mahal. Di negara-negara seperti Malaysia, Filipina, dan Thailand, yang tidak menerapkan pembatasan wajar, harga tiket lebih rendah.
Selain itu, Tony menyoroti masalah lain yang berdampak pada biaya operasional maskapai, yaitu pajak atas suku cadang. Ketika suku cadang dikirim untuk diperbaiki dan kembali, mereka dikenai pajak yang tidak ditemukan di negara lain. Hal ini secara signifikan meningkatkan biaya operasional maskapai di Indonesia.
"Kita telah berbicara dengan Kementerian Keuangan selama beberapa tahun untuk menghapus pajak impor sparepart," ujar dia.
Ia juga mencatat bahwa ada dua faktor yang sangat mempengaruhi biaya tetapi tidak dapat dikendalikan oleh pemerintah, yakni harga bahan bakar dan nilai tukar mata uang.
Dengan dolar AS yang kuat, daya saing Indonesia menurun karena 70% dari biaya maskapai berkaitan dengan pemuatan dan bahan bakar. Untuk mengatasi masalah ini, Tony mengusulkan pembangunan lebih banyak fasilitas perawatan pesawat di Indonesia dan menciptakan zona perdagangan bebas, yang akan membantu menurunkan biaya operasional.
Baca Juga: Pemerintah Evaluasi Formula Harga Avtur, Ini Kata INACA dan Garuda Indonesia
Sementara itu, Veranita Yosephine, Direktur Utama Indonesia AirAsia, menambahkan bahwa adanya hanya satu pemasok bahan bakar di Indonesia merupakan masalah besar.
Di negara-negara lain seperti Malaysia, terdapat dua atau tiga perusahaan pemasok bahan bakar, yang menciptakan persaingan dan mengurangi biaya. "Di Indonesia, ketergantungan pada satu pemasok mengakibatkan biaya yang lebih tinggi karena tidak adanya persaingan," pungkasnya.
Selanjutnya: Tak Punya Tabungan Pensiun di Umur 45, Cek Cara Bangun Kekayaan ala Warren Buffett
Menarik Dibaca: Daftar Tempat Wisata Viral yang Mesti Dikunjungi Saat ke Jepang
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News