kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bukalapak jaring beragam produk dan UMKM baru


Senin, 15 Juni 2020 / 14:09 WIB
Bukalapak jaring beragam produk dan UMKM baru
ILUSTRASI. Fitur Baru Bukalapak: Karyawan membuka fitur BukaCicilan usai peluncuran di Jakarta, Rabu (24/10). Fitur BukaCicilan memungkinkan pengguna Bukalapak melakukan penundaan pembayaran atau pencicilan pembelian barang tanpa menggunakan kartu kredit dengan limi


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia yang diluncurkan sejak 14 Mei 2020 sebagai komitmen untuk memberdayakan UMKM di tengah pandemi ini, berhasil meningkatkan kunjungan ke platform Bukalapak secara signifikan.

 Antusiasme masyarakat terlihat di kategori fashion pria, fashion wanita, fashion anak dan produk rumah tangga sebagai produk yang paling banyak terjual.

Selain itu, di sisi pelaku UMKM, antusiasme yang tinggi datang dengan tercatatnya lebih dari 40.000 jenis produk yang dipasarkan dan ratusan UMKM baru yang bergabung sejak kampanye tersebut diluncurkan.

Baca Juga: E-commerce asing wajib punya kantor perwakilan, apa untungnya bagi konsumen?

VP of Merchant Bukalapak Kurnia Rosyada mengatakan, di masa pandemi ini terdapat peningkatan cukup signifikan bagi masyarakat untuk berbelanja online.

"Secara keseluruhan kami memperoleh pertumbuhan yang signifikan sekitar 15-20%, meskipun kami juga melihat bisnis dari beberapa pedagang kami turun juga," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima kontan.co.id, Senin (15/6).

Oleh sebab itu, pihaknya menilai penting untuk melihat peluang ini dan menggandeng UMKM di Indonesia agar dapat memanfaatkan peluang yang ada. Kemudian, melalui kampanye yang digaungkan pihaknya juga berharap dapat menjaga UMKM dan terus mengoptimalkan sumber daya untuk memasarkan produk - produk buatan anak bangsa Indonesia.

Perubahan minat belanja juga terjadi pasca ramadan dan lebaran. Jika sebelumnya fashion pria, fashion anak-anak, beserta kategori makanan seperti kurma, parcel lebaran dan kue lebaran merupakan yang paling banyak dicari, memasuki bulan Juni ini Bukalapak mencatat kategori handphone, sepeda, beserta hobi dan koleksi menjadi produk - produk yang paling banyak diminati.

Khusus untuk kategori sepeda, pencarian paling populer pada kategori produk ini adalah sepeda gunung merek Polygon dan MTB.

Selanjutnya, pada produk sepeda lipat dengan merek Exotic, Pacific dan United, serta produk aksesoris sepeda seperti kacamata google, helm sepeda MTB serta tempat minum.

Baca Juga: Lindungi konsumen, e-commerce asing wajib punya kantor perwakilan di Indonesia

Kesiapan pengguna dalam menghadapi new normal juga terlihat di pencarian produk Bukalapak. Produk sepatu dengan merk  Dr. Kevin, Bata, Homyped, serta perlengkapan sekolah seperti tas sekolah, sepatu sekolah anak dan jam tangan imoo, menjadi serangkaian produk yang paling banyak dicari.

Tentunya hal tersebut juga diikuti dengan kesadaran masyarakat yang tinggi akan kesehatan lantaran face shield dan masker kain masih merupakan produk kesehatan dengan minat yang tinggi.

Melihat adanya kebutuhan yang tinggi dari masyarakat, Bukalapak akan selalu bekerjasama dengan mitra - mitranya untuk menjaga ketersediaan produk dan memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×