kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Bukan China, Whoosh Bakal Dioperasikan Masinis Indonesia dalam 1-2 Tahun ke Depan


Selasa, 30 Juli 2024 / 04:41 WIB
Bukan China, Whoosh Bakal Dioperasikan Masinis Indonesia dalam 1-2 Tahun ke Depan
ILUSTRASI. KCIC) targetkan dalam 1-2 tahun mendatang masinis dan petugas perawatan Kereta Cepat Whoosh berasal dari Indonesia. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) targetkan dalam 1-2 tahun mendatang masinis dan petugas perawatan Kereta Cepat Whoosh berasal dari Indonesia. 

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, saat ini masinis dan petugas perawatan Kereta Cepat Whoosh masih menggunakan tenaga kerja dari China sepenuhnya. 

Sebab, teknologi kereta cepat yang pertama kalinya digunakan di Indonesia merupakan berasal dari China. 

Oleh karenanya, diperlukan transfer pengetahuan terkait operasional dan perawatan kereta cepat antara pekerja China ke pekerja Indonesia sehingga dalam 1-2 tahun mendatang seluruh operasional Kereta Cepat Whoosh dapat dilakukan oleh tenaga kerja Indonesia sepenuhnya. 

"Secara keseluruhan target kita 1-2 tahun ke depan, mudah-mudahan semua di sisi operation dan maintenance itu sudah bisa dipegang oleh tenaga kerja lokal," ujarnya saat ditemui di Stasiun Tegalluar, Bandung, Senin (29/7/2024). 

Adapun proses transfer pengetahuan itu dilakukan melalui program on job training (OJT) yang dimulai awal tahun 2024. 

Baca Juga: Bantal Kursi Kereta Cepat Whoosh Hilang, KCIC Sudah Kantongi Data Pelaku

Sebelum memulai OJT di lapangan, para calon masinis dan petugas kereta cepat telah mengikuti pelatihan teori terlebih dahulu selama 6 bulan dan pelatihan simulasi selama 4 bulan. 

Setelah melakukan OJT yang dibagi menjadi tiga tahapan, barulah calon masinis dan petugas perawatan mendapatkan sertifikasi dan dapat dilepas untuk menjalankan tugasnya. 

"Saat ini mereka masih dalam kondisi OJT, belum sertifikasi, OJT itu targetnya sekitar 2-3 bulan ke depan. Tapi nanti kan harus memasuki proses sertifikasi," ucapnya. 

Eva bilang, terdapat 600 pegawai lokal di berbagai bidang yang sedang melalui proses transfer pengetahuan di berbagai bidang seperti masinis, perawatan sarana, perawatan prasarana, operasional kereta dan lainnya. 

Dia merincikan, sebanyak 39 dari 72 masinis Indonesia sudah memasuki tahap 2 dari proses OJT. 

Pada tahap 1, masinis Kereta Cepat Whoosh Indonesia telah melakukan observasi proses kerja masinis profesional. 

Baca Juga: Begini Strategi KCIC Tingkatkan Jumlah Penumpang Whoosh




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×