CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.386.000   -14.000   -1,00%
  • USD/IDR 16.295
  • IDX 7.288   47,89   0,66%
  • KOMPAS100 1.141   4,85   0,43%
  • LQ45 920   4,23   0,46%
  • ISSI 218   1,27   0,58%
  • IDX30 460   1,81   0,40%
  • IDXHIDIV20 553   3,30   0,60%
  • IDX80 128   0,57   0,44%
  • IDXV30 130   1,52   1,18%
  • IDXQ30 155   0,78   0,50%

Cahayaputra Asa Keramik (CAKK) Targetkan Penjualan Rp 350 Miliar hingga Akhir Tahun


Sabtu, 16 April 2022 / 22:40 WIB
Cahayaputra Asa Keramik (CAKK) Targetkan Penjualan Rp 350 Miliar hingga Akhir Tahun


Reporter: Vina Elvira | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten produsen keramik, PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK) melihat prospek bisnis di tahun ini dengan sikap optimistis. Pihaknya meyakini kinerja bisnis perusahaan akan lebih baik dibandingkan realisasi pada tahun sebelumnya. 

Hal ini disampaikan Direktur Utama Cahayaputra Asa Keramik Johan Silitonga, dalam Paparan Publik Virtual pada Selasa (12/4).  "Kami bersykur Covid-19 itu melandai dan pemerintah membuka bertahap aturan PPKM dan seperti dilihat kalau keluar rumah  jalanan itu sudah lebih macet, itu satu tanda ekonomi akan membaik. Harapan kami di tahun 2022 akan lebih baik dari 2021, dengan catatan tidak ada lagi varian Covid-19 baru yang mematikan," ungkap Johan. 

Optimisme perusahaan juga ditandai dengan target bisnis yang ingin dicapai perusahaan di tahun ini.

Dia berharap, angka penjualan CAKK dapat mencapai angka Rp 350 miliar di sepanjang 2022. Jumlah ini lebih tinggi 29,41% dibandingkan realisasi penjualan pada tahun 2021 yang senilai Rp 270,44 miliar. 

Baca Juga: Kinerja MNC Digital (MSIN) Meningkat pada Tahun Lalu, Ini Pendorongnya

Sementara dari sisi bottom line, laba bersih CAKK diestimasikan berada di kisaran Rp 20 miliar. Target tersebut terpantau lebih tinggi daripada laba bersih perusahaan di tahun lalu yang senilai Rp 12,20 miliar. 

Angka penjualan maupun laba yang dibidik tahun ini, sejalan juga dengan rencana perusahaan yang ingin meningkatkan utilisasi produksi mereka. 

Johan memaparkan, pada tahun lalu, realisasi produksi CAKK tercatat mencapai 8,71 juta m2 per tahun atau setara 72,60% dari total kapasitas produksi terpasang yang sebesar 12 juta m2 per tahun.

Nah, di tahun 2022 ini, perusahaan memiliki target untuk dapat mencapai realisasi produksi sebesar 10 juta m2 per tahun. Angka ini setara dengan utilisasi produksi 83,33% dari total kapasitas produksi CAKK. 

"Realisasi produksi baru sekitar 72% dari total kapasitas produksi 12 juta m2, baru mencapai 8,71 juta m2. Di tahun ini harapan kami, kami bisa di atas 10 juta m2 per tahun hasil produksinya," sebut Johan. 

Baca Juga: Pendapatan Naik 20,57%, Laba Ciputra Development (CTRA) Melesat 31% pada 2021

Di samping memaksimalkan kinerja produksi, CAKK juga berencana merilis produk baru di semester kedua tahun ini. Johan memberi bocoran bahwa pihaknya akan merilis produk dengan ukuran baru, tepatnya keramik berukuran 60x60. 

Meski begitu, kapan dan jenis keramik apa yang akan dirilis masih belum bisa diungkapkan perusahaan karena merupakan strategi perusahaan. 




TERBARU
Kontan Academy
[ntensive Boothcamp] Business Intelligence with Ms Excel Sales for Non-Sales (Sales for Non-Sales Bukan Orang Sales, Bisa Menjual?)

[X]
×