kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,47   2,12   0.23%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Otten Coffee menyeimbangkan bisnis dengan memberdayakan petani kopi


Jumat, 16 Oktober 2020 / 17:14 WIB
Cara Otten Coffee menyeimbangkan bisnis dengan memberdayakan petani kopi
ILUSTRASI. Otten Coffee, penyedia perangkat pembuatan kopi.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Layanan e-commerce spesialisasi kopi, Otten Coffee yang berbasis di Medan merupakan bisnis yang didirikan pada tahun 2015. Uniknya, selain menjual kopi beserta biji kopi, layanan ini juga merupakan e-commerce penyedia alat-alat atau perangkat pembuatan kopi.

Otten Coffee merupakan salah satu e-commerce yang menjual berbagai perangkat yang berkaitan dengan pembuatan kopi, dari biji kopi, mesin espresso, grinder, brew, termometer, mesin pembuat kopi, hingga peralatan barista ke seluruh Indonesia. Situsnya juga menyediakan artikel tentang gerai kopi lokal dan hal-hal menarik tentang kopi.

“Kami mengidentifikasi sebuah masalah di industri kopi di Indonesia yaitu begitu sulitnya menikmati kopi berkualitas dan tempat membeli alat-alat kopi yang lengkap dan berkualitas di Indonesia. Sehingga kami melihat hal ini merupakan sebuah potensi bisnis dimana akhirnya kami memutuskan untuk membuka toko yang menjual alat kopi untuk memenuhi kebutuhan para pecinta kopi,” jelas Jhoni Kusno, Co-Founder and CEO Otten Coffee kepada Kontan.co.id, Jumat (16/10).

Baca Juga: Teten Masduki dorong petani kopi bentuk koperasi untuk atasi dampak pandemi

Tak hanya itu, Otten Coffe juga mendirikan platform ecommerce dengan situs ottencoffee.co.id dengan mengedepankan teknologi sehingga produk kopinya mampu menjangkau semua penikmat kopi di seluruh pelosok Indonesia.

“Untuk menikmati kopi berkualitas diperlukan alat-alat kopi yang berkualitas oleh karena itu kami bekerja sama dengan berbagai distributor alat kopi ternama di seluruh dunia,” ujar Jhoni.

Setelah bisnisnya berkembang pesat, ia pun menambah gerai keduanya di Jakarta pada tahun 2018. Kemudian di tahun berkutnya Otten Coffe menambah gerainya di Citiwalk Sudirman dan Gajahmada.

Sehingga totalnya ada empat toko yang dimiliki saat ini yang dapat dimanfaatkan oleh para pecinta kopi. Adapun di retail store pihaknya juga menyediakan berbagai aneka minuman kopi dari biji kopi miliknya serta alat-alat kopi seperti penggiling kopi, alat seduh kopi, dan juga aksesoris kopi.

“Kami juga membangun fasilitas roastery di Medan, untuk memproses biji kopi yang kami beli. Dengan membeli kopi berkualitas secara langsung dari petani kopi dan memiliki fasilitas roastery sendiri kami dapat menyediakan kopi berkualitas dengan harga yang sangat kompetitif bagi para pecinta kopi di tanah air,” jelasnya.

Sementara itu, untuk harga produk dan mesin yang tersedia dibanderol mulai dari Rp 45.000. Adapun untuk  mesin kopi modern yang digunakan untuk kedai kopi bisa  mencapai ratusan juta rupiah. Sehingga ia optimis layanan e-commerce ini mampu menjawab kebutuhan penikmat kopi baik dari homebrewer sampai dengan kebutuhan kedai kopi.

Jhoni menuturkan, pandemi Covid-19 juga sangat berdampak pada bisnis kopi yang tengah berkembang di tanah air. Tak hanya berdampak pada pegiat kopi, hal ini pun turut mempengaruhi para petani kopi yang kesulitan untuk menyalurkan hasil panennya.

Oleh karena itu, ia juga mengatakan, peningkatan produktivitas petani kopi di masa pandemi ini penting dilakukan, salah satunya melalui pemberian akses yang luas pada konsumen serta pemahaman akan bibit unggul dan berkualitas.

“Oleh itu, kami sebagai pelopor e-commerce di bidang kopi membuat suatu program Bibit Untuk Indonesia yakni program pengadaan bibit unggul untuk petani single origin nusantara sekaligus bentuk dukungan Otten Coffee terhadap upaya pemerintah untuk mendorong pertumbuhan industri kopi di tengah pandemi,” imbuhnya.

Baca Juga: Jangan takut asam lambung naik, ini cara aman minum kopi untuk penderita asam lambung




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×