kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Caroline-id.com targetkan 4000 kendaraan


Senin, 08 Juli 2019 / 18:13 WIB
Caroline-id.com targetkan 4000 kendaraan


Reporter: Fransiska Firlana | Editor: Fransiska Firlana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Situs jual beli mobil yang mempertemukan antara pembeli dan penjual mobil secara daring (online), Caroline-id.com menargetkan mentraksaksikan 4000 kendaraan pada setahun pertama. Anak usaha dari PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) yang diperkenalkan sejak November 2018 lalu ini mulai gencar melakukan promosi demi mencapai target tersebut.

Salah satu cara yang dilakukan adalah menerapkan uang muka nol persen. Strategi itu bisa diterapkan karena pihak Caroline-id.com berkat kerjasama dengan beberapa perusahaan pembiayaan. "Sejak Juni tahun ini kami baru akan gencar melakukan marketing, kalau sebelumnya kami belum promosi dengan kekuatan penuh," ujar Jan Sunaryanto, Direktur Caroline-id.com

Jan mengungkapkan, promosi kali ini pihaknya akan memaksimalkan anggaran yang ada. Sebab selama ini, promosi yang dilakukan belum menyedot anggaran. Apalagi, pertengahan tahun ini juga, Jan mengaku sudah ada investor di luar group yang menyuntikkan dana ke Caroline-id.com. Sayang, Jan enggan menyebutkan siapa investor itu dan besaran dana yang dikucurkan.

Hingga Mei, transaksi di Caroline-id.com memang terbilang kecil yakni sekitar 30 mobil per bulan. Tapi dengan adanya investor, pemaksimalkan promosi, dan juga kekuatan ekosistem dari ASSA sendiri, Jan yakin target transaksi setahun pertama bisa terwujud.

"Apalagi dengan kelebihan layanan yang bisa kami berikan pada seller maupun buyer, ini menjadi daya tarik tersendiri," ujar Jan.

Caroline-id.com mempertemukan penjual dan pembeli dengan cara bidding. Penjual bisa menitipkan unit kendaraan ke Caroline-id.com tanpa dipungut biaya. Mobil akan ditaruh di parkiran Caroline, dirawat, bahkan digaransi. Ini untuk mempermudah pembeli melihat langsung dan test drive.

Untuk bisa menitipkan mobilnya, penjual cukup mengisi formulir dan mengizinkan inspektor mengecek kondisi kendaraan. Penjual tinggal menetapkan harga minimal. Bila laku, dia akan mendapatkan sesuai dengan nilai bidding terakhir.

Transparansi harga inilah yang dijanjikan oleh Caroline. Dengan cara ini, cuma butuh waktu satu hingga dua hari bagi mobil untuk parkir di Caroline, sebelum terjual.

Sementara, calon pembeli cukup menyetor deposit Rp 1 juta yang dimasukkan dalam wallet account di Caroline. Bila mobil yang diinginkan berhasil dibeli, deposit itu menjadi fee bagi Caroline. Bila tidak, deposit itu tidak hangus. Dana itu bisa dipakai untuk bidding mobil yang lain, atau dicairkan.

Keuntungan yang ditawarkan Caroline bagi calon pembeli adalah, mereka mendapatkan harga yang transparan, sekaligus transparansi kondisi mobil yang akan dijual. Sebab, mobilnya sudah diinpeksi oleh petugas dari Caroline.

"Kalau beli dari penjualnya langsung, mungkin kecacatan mobilnya akan ada yang disembunyikan. Kalau di Caroline, kami akan beritahu calon pembeli kondisi mobil yang sebenarnya," jelas Jan.

Yang menarik pula, Caroline siap membeli kembali mobil yang sudah dibeli konsumen. Syaratnya, kondisi mobil yang dibeli tidak sesuai dengan apa yang ditawarkan. Caroline berjanji membelinya dengan harga yang sama ketika mobil itu dibeli. Garansi ini berlaku selama sebulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×