kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Catat, beli tiket Damri sudah bisa pakai T-Cash untuk tujuan Bandara Soekarno-Hatta


Kamis, 22 November 2018 / 15:32 WIB
Catat, beli tiket Damri sudah bisa pakai T-Cash untuk tujuan Bandara Soekarno-Hatta
Peluncuran E-ticketing Damri


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Sebagai salah satu bentuk dalam melaksanakan transformasi digital, Perum Damri bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia Tbk meluncurkan e-ticketing Damri Rute Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Pool Damri Kemayoran, Jakarta pada Kamis (22/11).

Peluncuran e-Ticketing ini dilakukan oleh Direktur Utama Perum Damri Setia N. Milatia Moemin dan Direktur Enterprise and Business Service Telkom Dian Rachmawan, hal ini sebagai tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian kerja sama perihal Layanan e-ticketing Damri Pada Angkutan Bandara yang dilaksanakan oleh Telkom dan Perum Damri pada Juli silam.

Direktur Utama Perum Damri Setia N. Milatia Moemin mengungkapkan bahwa sistem tiket elektronik ini bertujuan agar pelanggan semakin mudah dalam memperoleh tiket bus Damri, yang mana juga dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

“Kami berharap agar masyarakat dapat mendukung sepenuhnya sistem tiket elektronik ini. Implementasi sistem tiket elektronik ini dilaksanakan secara bertahap dan dimulai dari layanan angkutan bandara Soekarno-Hatta untuk titik pemberangkatan dari Kemayoran, Bekasi, Rawamangun, dan Mangga Dua. Nantinya, seluruh rute bandara nanti akan menerapkan sistem e-ticketing,” paparnya, Kamis (22/11).

Sementara itu, Direktur Enterprise and Business Service Telkom Dian Rachmawan mengungkapkan sebagai BUMN di sektor telekomunikasi digital, TelkomGroup menyediakan infrastruktur IT dalam pengembangan sistem e-ticketing ini.

“TelkomGroup mengembangkan mobile apps, web reservation, backend system, bus validator, online payment, serta payment aggregator kartu prepaid untuk menunjang operasional e-ticketing Damri," kata Dian.

Guna mendapatkan ticket prepaid, ia menjelaskan pengguna dapat membayar dengan uang elektronik berbagai bank, uang elektronik T-money atau menggunakan channel pembayaran internet payment gateway seperti T-CASH.

Dalam pemanfaatan teknologi e-ticketing ini meliputi ticketing system seperti, schedule management, fare management, passenger management, booking management, ticketing with barcode, revenue accounting dan reporting, selanjutnya validation system, serta payment system.

Setia menjelaskan, pemanfaatan teknologi ini merupakan salah satu wujud dukungan terhadap program pemerintah yang sudah dicanangkan sebelumnya yaitu gerakan nasional non tunai (GNNT) untuk mendorong penggunaan transaksi non tunai oleh masyarakat dalam rangka mewujudkan cashless society.

Setia melanjutkan, selain mempermudah masyarakat, digitalisasi ini juga merupakan upaya Perum Damri guna mencapai visi menjadi perusahaan transportasi kelas dunia yang handal, kerkinerja Ulunggul dan berkelanjutan.

“Di era digital ini, sinergi BUMN antara Perum Damri dan Telkom menunjukkan komitmen serta konsistensi perusahaan dalam mewujudkan layanan yang melebihi harapan pelanggan melalui sistem pembayaran secara non-tunai yang memberikan kemudahan layanan dengan tetap menjunjung tinggi aspek perlindungan konsumen, keamanan dan kehandalan,” pungkas Setia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×