Reporter: Vina Elvira | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten kemasan dan suku cadangnya, PT Mitra Pack Tbk (PTMP) berhasil mencetak kinerja apik di semester I-2025. Tingginya permintaan kemasan dari berbagai sektor menjadi pendorong bisnis PTMP tahun ini.
Direktur Utama PTMP Ardi Kusuma menyatakan, penjualan PTMP di paruh pertama yang melonjak 18,13% menjadi Rp 97,31 miliar, didukung oleh permintaan dari sektor makanan, minuman, farmasi, dan kosmetik.
Selain itu, respon pasar yang positif terhadap produk baru perseroan juga menjadi faktor pendorong kinerja tahun ini. Beberapa produk baru tersebut di antaranya casing sosis cellulose, mesin cartoning otomatis, laser UV untuk marking.
“Lewat model bisnis rental, dengan skema sewa mesin dan consumables berkontribusi juga pada pendapatan berulang dan penetrasi UMKM,” ungkap Ardi, kepada Kontan.co.id, Senin (28/7/2025).
Baca Juga: Meski Pendapatan Naik, Mitra Pack (PTMP) Cetak Penurunan Laba pada Semester I
Melihat tren kinerja positif di paruh pertama, PTMP optimistis target penjualan yang dibidik tahun ini akan tercampai bahkan dapat melampaui angka tersebut jika pertumbuhan pendapatan tetap solid di paruh kedua ini.
Adapun, pada tahun ini PTMP meanrgetkan penjualan dan laba bersih masing-masing sebesar Rp 230,76 miliar dan Rp 13,77 miliar.
“Bahkan sangat memungkinkan mencapai skenario terbaik di kisaran Rp 250 miliar pendapatan, jika pertumbuhan kuat sebesar 30% tercapai,” tuturnya.
PTMP juga menyiapkan sejumlah strategi dan inovasi untuk dapat mengikuti kebutuhan pasar saat ini.
Pihaknya melihat industri e-commerce dan warehouse berkembang cukup pesat sejak beberapa tahun terakhir.
Baca Juga: Intip Prospek dan Rekomendasi Saham dan Prospek Mitra Pack (PACK)
Hal ini menjadi peluang bagi perusahaan untuk dapat memenuhi kebutuhan kemasan di sektor ini.
“Dengan itu, pastinya supporting infrastruktur seperti protective packaging dan warehousing system akan lebih diperlukan,” sebutnya.
Selain itu, dengan adanya segmen B2C, di mana PTMP juga sudah mulai masuk ke bisnis packaging solutions untuk UMKM, pihaknya berencana untuk melokalisasi salah satu produk mereka yakni absorbent pad.
Tak berhenti sampai di situ, PTMP memiliki rencana untuk menambah portofolio baru, yakni medical pad untuk rumah sakit dan klinik. Strategi ini seiring dengan perluasan segmen konsumen perseroan di sektor pharmaceutical dengan produk Blister Film.
Meskipun ada kenaikan pendapatan, laba bersih PTMP tercatat menyusut di paruh pertama ini.
Laba bersih tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk PTMP tercatat sebesar Rp 2,13 miliar, atau menyusut 43,15% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp 3,74 miliar.
Baca Juga: Mitra Pack (PTMP) Targetkan Kenaikan Pendapatan hingga 30% pada Tahun 2025
Selanjutnya: Strategi Superior Prima (BLES) pada Semester II-2025 Pasca Resmikan Pabrik Kelima
Menarik Dibaca: 6 Manfaat Membaca Buku Setiap Hari, Baik untuk Kesehatan Mental
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News