kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Central Cipta Murdaya targetkan bisnisnya bertumbuh tahun ini


Rabu, 25 April 2018 / 19:48 WIB
Central Cipta Murdaya targetkan bisnisnya bertumbuh tahun ini


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Central Cipta Murdaya berharap bisnisnya pada tahun ini akan bertumbuh. Berkaca pada kinerja tahun lalu, perusahaan mengaku mengalami pertumbuhan cukup baik dari sisi pendapatan dan laba.

Karuna Murdaya, Direktur PT Central Cipta Murdaya mengatakan sepanjang tahun lalu bisnisnya bertumbuh dibandingkan tahun 2016. Hanya saja, dirinya tak merinci seberapa signifikan pertumbuhan yang didapatkan perusahaan pada tahun lalu.

"Di CCM ada banyak anak perusahaan, sebagian ada yang tumbuh double digit dan sebagian lainnya ada yang stabil," ujar Karuna kepada Kontan.co.id, Rabu (25/4).

Salah satu sektor yang memberikan kontribusi paling besar adalah sektor properti yang mencapai 40%. Selain itu ada infrastruktur, peralatan gedung, IT, sawit hingga industri pendukung 35.000 MW yang memberikan kontribusi cukup baik.

Tahun ini Karuna melihat peluang pertumbuhan masih terbuka, apalagi banyak proyek-proyek yang mulai rampung untuk properti. Selain itu, perusahaan juga tak merasa terganggu dengan adanya event pilkada serentak di tahun ini.

"Tahun lalu (pendapatan dan laba) konsolidasian tumbuh tetapi berapa persennya tidak bisa sebut. Tahun ini outlook-nya lebih bagus dari tahun lalu, semoga lebih tinggi (pertumbuhannya) dibandingkan 2017," jelasnya.

Meski berharap bisnisnya bertumbuh, tapi perusahaan ini mengaku lebih fokus pada ekspansi usaha ketimbang menggarap lini usaha baru. Pasalnya, sayap bisnis perusahaan saat ini sudah cukup lebar mencakup banyak bisnis.

Karuna bilang, belum ada rencana untuk diversifikasi usaha atau menggarap lini bisnis baru. Tahun ini perusahaan fokus pada pengembangan bisnis yang ada, belum menjamah sektor bisnis baru.

"Kami di grup CCM bisa dibilang diversifikasi usahanya sudah banyak sekali. Jadi daripada cari bidang baru kami lagi ekspansi atau memperkuat divisi-divisi yang ada sekarang," ujarnya Karuna.

Pun bila nantinya perusahaan akan menggarap bisnis baru, menurutnya masih sangat memungkinkan untuk menggandeng partner atau joint venture dengan pemain besar. Menurutnya, CCM tidak akan mengakuisisi atau melakukan penyertaan modal kepada perusahaan yang sudah jalan.

"Grup kami belum pernah beli (perusahaan) kecuali setelah krisis moneter. Kami tidak pernah beli perusahaan lagi (setelah itu)," lanjut Karuna.

Ketimbang menggarap bisnis baru, dirinya mengatakan lebih penting menguatkan lini bisnis yang ada saat ini. Apalagi potensi dibeberapa sektor saat ini masih besar, salah satunya IT dan peralatan gedung yang masih besar potensinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×