kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45874,12   -12,06   -1.36%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cetak Laba Bersih USD8 Juta, Kinerja Rukun Raharja (RAJA) Solid di Kuartal I 2024


Rabu, 24 April 2024 / 20:16 WIB
Cetak Laba Bersih USD8 Juta, Kinerja Rukun Raharja (RAJA) Solid di Kuartal I 2024
ILUSTRASI. Kontan - PT Rukun Raharja Tbk Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - PT Rukun Raharja, Tbk. (RAJA) kembali mencatatkan kinerja cemerlang di kuartal pertama tahun 2024. Dalam laporan keuangan yang diumumkan perusahaan migas terkemuka ini pada Selasa (23/4) lalu, RAJA menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam pendapatan dan laba.

Dibandingkan dengan kuartal I tahun 2023, pendapatan bersih perusahaan meningkat sebesar 67% menjadi USD61,6 juta, naik dari USD37 juta di periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, laba bersih mengalami peningkatan tahunan sebesar 41%, dari USD5,7 juta di Q1 2023 menjadi USD8 juta di Q1 2024.

Direktur Keuangan PT Rukun Raharja, Tbk. Oka Lesmana menjelaskan, faktor utama peningkatan keuangan perseroan meliputi kontribusi signifikan dari proyek yang telah diselesaikan pada tahun 2023. Khususnya, bisnis upstream melalui investasi perseroan di Blok Jabung berkontribusi sekitar 20% dari total pendapatan.

“Selain itu, infrastruktur baru yang dibangun di Kabupaten Siak dan Grobogan membuka sumber pendapatan baru dalam segmen bisnis perdagangan gas, sehingga kontribusi dari segmen ini mencapai 15% dari total pendapatan. Peningkatan juga terjadi pada segmen bisnis lain, yang secara keseluruhan memberikan dampak positif bagi keuangan perseroan,” tutur Oka.

Salah satu infrastruktur baru yang dibangun RAJA adalah Stasiun Induk Compressed Natural Gas (CNG) di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Stasiun CNG yang dioperasikan PT Energasindo Heksa Karya (EHK), anak perusahaan RAJA, menegaskan keseriusan perseroan untuk memasuki bisnis CNG. Sebelumnya, EHK telah mengoperasikan Stasiun CNG di Cikarang dengan kapasitas 2,5 MMSCFD (million standard cubic feet per day).

Adapun menurut Direktur Utama PT Rukun Raharja, Tbk Djauhar Maulidi, peningkatan performa keuangan RAJA pada kuartal tahun ini merupakan hasil implementasi strategi bisnis yang telah direncanakan dengan matang dan berorientasi pada keberlanjutan.

“Pencapaian ini tidak hanya menegaskan komitmen kami terhadap praktik bisnis yang bertanggung jawab, tetapi juga menunjukkan dedikasi perseroan dalam memajukan agenda keberlanjutan,” ungkap Djauhar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×