kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,04   -4,47   -0.44%
  • EMAS942.000 1,07%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Chandra Asri (TPIA) Gandeng Darwinbox untuk Melakukan Digitalisasi Sistem SDM


Rabu, 23 Maret 2022 / 11:37 WIB
Chandra Asri (TPIA) Gandeng Darwinbox untuk Melakukan Digitalisasi Sistem SDM
ILUSTRASI. Pabrik Chandra Asri di Cilegon.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) bermitra dengan penyedia teknologi Sumber Daya Manusia (SDM),  Darwinbox untuk mendigitalisasi sistem SDM dari hulu sampai ke hilir. Bagi Chandra Asri, efisiensi operasional, peningkatan produktivitas serta pengalaman lebih dari 2.000 karyawannya diakui sangat penting untuk mencapai visi yang sudah dicanangkan sejak awal. 

Sejalan dengan visi ini dan untuk mengantisipasi Society 5.0, Chandra Asri telah mengembangkan peta jalan transformasi digital selama lima tahun. Hal ini pula yang membawa Chandra Asri untuk mengadopsi platform teknologi baru yang diharapkan dapat bersama-sama menciptakan ekosistem digital secara menyeluruh yaitu Darwinbox. 

Darwinbox diklaim sebagai pemain nomor satu di antara pemain sistem sumber daya manusia (HRMS) secara global (versi Gartner Peer Insights), yang dinilai sangat sesuai dengan tujuan Chandra Asri untuk melakukan digitalisasi sistem SDM.

Chief Financial Officer Chandra Asri, Andre Khor mengatakan, untuk memenuhi tujuan di masa mendatang, menuntut adanya mitra yang bersama-sama fokus untuk masa depan. Dalam kombinasi teknologi (tech stack) di perusahaan modern, lebih sederhana, lebih cepat dan terhubung adalah kunci untuk mencapai keunggulan operasional, pertumbuhan bisnis dan efisiensi biaya sembari meningkatkan pengalaman pengguna (UX). 

Baca Juga: Naiknya Harga Nikel akan Mendongkrak Pendapatan Vale Indonesia (INCO)

"Kami senang telah memilih Darwinbox untuk mendukung visi kami ke depan melalui proses seleksi yang menyeluruh dan komprehensif, dan yang terpenting, Darwinbox dapat melaksanakan dan mengimplementasikan transformasi dengan sukses sehingga operasionalnya berjalan lancar pada tahun 2022," jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (23/3). 

Direktur Sumber Daya Manusia dan Urusan Korporat Chandra Asri, Suryandi menambahkan, tim SDM Chandra Asri akan memanfaatkan Darwinbox sebagai supper app karena sistem sumber daya manusia Darwinbox dapat berintegrasi secara mulus dengan kombinasi teknologi lain yang digunakan TPIA agar karyawan mendapatkan pengalaman yang terpadu dan lancar. 

"Teknologi Darwinbox memungkinkan karyawan Chandra Asri untuk terhubung dimana mereka dapat mengakses semua proses terkait SDM dalam satu aplikasi, di mana saja dan kapan saja," kata Suryandi. 

Seluruh tugas SDM, mulai dari proses rekruitmen hingga pensiun, akan dikelola melalui Darwinbox. Karyawan Chandra Asri dapat mengakses dan mengelola data pribadi mereka sehingga menghemat waktu untuk proses administrasi SDM. 

Karyawan Chandra Asri juga akan memiliki akses yang lebih besar untuk melacak data mereka sendiri, termasuk permintaan absen, cuti, dan penggantian pembayaran (reimbursement), yang dapat disetujui oleh manajer mereka kapan saja dengan menggunakan aplikasi yang sama.

Baca Juga: Adi Sarana Armada (ASSA) Siapkan Belanja Modal Rp 1,5 Triliun pada 2022

Lebih lanjut, terdapat pusat layanan bantuan (helpdesk) yang memberikan dukungan kepada setiap karyawan Chandra Asri yang memiliki pertanyaan atau memerlukan bantuan. Sementara itu, modul jejaring sosial 'Vibe' serta fitur Onboarding and Recognition akan memberikan koneksi yang lebih kuat di antara karyawan. Secara keseluruhan, platform SDM terintegrasi ini akan memungkinkan kolaborasi yang lebih baik, meningkatkan produktivitas karyawan, serta memberikan pengalaman karyawan dan kandidat yang lebih baik.

Co-Founder Darwinbox, Jayant Paleti memaparkan,  untuk menjaga karyawan Anda tetap produktif dan bahagia, maka haruslah tidak membebaninya dengan tugas-tugas dan admistrasi SDM yang membosankan. "Dan kami senang melihat seberapa baik Chandra Asri memanfaatkan platform untuk meningkatkan proses mereka,” imbuhnya. 

Jayant bilang, pihaknya senang dapat bermitra dengan perusahaan yang merupakan landasan industri petrokimia di Indonesia; sebuah perusahaan yang tidak hanya melihat masa depan pekerjaan tetapi juga memainkan peran kunci dalam mewujudkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×