kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cikarang Listrindo (POWR) lirik peluang pengembangan energi baru dan terbarukan


Selasa, 12 November 2019 / 17:59 WIB
Cikarang Listrindo (POWR) lirik peluang pengembangan energi baru dan terbarukan
ILUSTRASI. PT Cikarang Listrindo Tbk (POWR) mulai melirik peluang untuk berkecimpung ke dalam bisnis energi baru dan terbarukan (EBT).


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Cikarang Listrindo Tbk (POWR) mulai melirik peluang untuk berkecimpung ke dalam bisnis energi baru dan terbarukan (EBT). Finance Director POWR Christanto Pranata mengungkapkan, sebenarnya POWR sudah mengimplementasikan POWR namun tidak dalam jumlah yang besar. 

Saat ini, pihaknya sudah memasang sejumlah panel surya di atap gedung operasional perusahaan yang berada di Cikarang. “Kami juga men-support beberapa pelanggan industri yang butuh pemasangan panel surya,” ujar dia, Selasa (12/11).

Baca Juga: Raih kenaikan peringkat dari S&P dan Moody's, POWR belum berencana terbitkan obligasi

Secara umum, ia menilai pengembangan EBT cukup untuk menarik dilakukan. Namun, POWR masih dalam tahap mempelajari EBT lebih lanjut dan belum sampai ke tahap ekspansi pembangunan pembangkit listrik berbasis energi berkelanjutan.

Kendati demikian, POWR saat ini tengah melakukan uji coba pengembangan pembangkit listrik dengan mengalihkan tenaga batubara menjadi biomassa. 

Uji coba tersebut menggunakan boiler pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang dimiliki perusahaan di Cikarang. “Sekarang masih uji coba, nanti kami lihat kelayakannya. Kalau oke, akan dilanjutkan,” terang dia.

Christanto bilang, jika pengembangan berlanjut, kelak pembangkit listrik tersebut tidak sepenuhnya mengandalkan tenaga biomassa. Artinya, sebagian tenaga penggeraknya tetap berasal dari batubara.

Baca Juga: Menteri ESDM minta survei seismik 2D PHE Jambi Merang rampung dalam 6 bulan

Sekadar catatan, saat ini POWR memiliki tiga pembangkit listrik yang masing-masing bertenaga batubara, gas, serta gabungan antara gas dan uap dengan total kapasitas 1.144 MW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×