kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ciputra Development (CTRA) masih lihat potensi pertumbuhan bisnis gedung perkantoran


Kamis, 09 Januari 2020 / 21:49 WIB
Ciputra Development (CTRA) masih lihat potensi pertumbuhan bisnis gedung perkantoran
ILUSTRASI. Perumahan Ciputra. Ciputra Development (CTRA) masih melihat ada potensi pertumbuhan bisnis gedung perkantoran

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ciputra Development Tbk (CTRA) memproyeksikan tahun ini bisnis persewaan gedung perkantoran belum akan menggeliat. Meski begitu, minat pembelian properti komersial tersebut tetap ada pertumbuhan.

Direktur Ciputra Development Artadinata Djangkar mengatakan peningkatan pembelian terlihat dari semester II tahun lalu. "Untuk strata office yang dijual, sebetulnya kami mulai melihat peningkatan pada semester II tahun lalu, tetapi transaksi yang terjadi belum banyak juga," ujarnya kepada  kontan.co.id, Kamis (9/1).

Baca Juga: Ciputra Group bangun kampus Esa Unggul di CitraRaya

Sedangkan, dari sisi penyewaannya belum ada pertumbuhan yang signifikan. Hal tersebut lantaran sisa stock ruang masih banyak.

CTRA memiliki tiga gedung kantor yang disewakan maupun dijual. Aset kantor utama yakni DBS Bank Tower di Ciputra World 1 Jakarta. Aset utama tersebut saat ini memiliki tingkat okupansi 95%.

Aset kantor kedua CTRA yakni Tokopedia Tower di Ciputra World 2 Jakarta yang merupakan campuran strata office dan office sewa. Saat ini penjualan dan sewa total mencapai 70% didominasi dari sektor teknologi.

Kemudian, Tokopedia Care di Ciputra International yang juga merupakan kombinasi penjualan dan sewa saat ini mencapai 80%. "Saat ini kami juga sedang menyelesaikan Propan Tower di Ciputra International dan 60% area dibeli oleh Propan Group. Sedangkan sisanya, akan kami jual di tahun ini," lanjutnya.

Untuk menjual strata office, CTRA memberikan fleksibilitas term of payment misal bisa cicilan jangka panjang.

Saat ini harga sewa yang ditawarkan CTRA di DBS Bank Tower per bulannya sebesar Rp 400.000/m2. Sedangkan, di Tokopedia Tower per bulannya dipasarkan dengan harga Rp 300.000 - Rp 325.000/m2 dan Tokopedia Care per bulannya Rp 175.000/m2. "Semua di luar service charge," lanjutnya.

Baca Juga: Anggaran Belanja Modal Emiten Properti Tahun Ini Lebih Rendah

Kemudian, penjualan sisa tempat di Propan Tower, CTRA akan memasarkan di harga sekitar Rp 24 juta/m2, tergantung lokasi, luas, dan cara pembayaran.




TERBARU

Close [X]
×