kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,73   8,09   0.86%
  • EMAS1.029.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Citroën Rilis Tiga Model Baru di Indonesia, Salah Satunya Mobil Listrik


Kamis, 08 Desember 2022 / 12:50 WIB
Citroën Rilis Tiga Model Baru di Indonesia, Salah Satunya Mobil Listrik
ILUSTRASI. Mobil listrik Citroën e-C4.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Citroën resmi meluncurkan jajaran produk perdananya bertema "The Citroënizing 3" yang terdiri dari model New Citroën C3, New Citroën C5 Aircross, dan kendaraan listrik berbasis baterai New Citroën e-C4.

Peluncuran ini menyusul pengumuman resmi kemitraan strategis antara PT Indomobil Wahana Trada, anak perusahaan dari Indomobil Group dan Stellantis NV untuk kegiatan distribusi dan penjualan produk-produk Citroën di Indonesia pada bulan Oktober lalu.

Memperkuat komitmennya kepada pelanggan di Indonesia, rangkaian produk perdana Citroënizing 3 telah dipilih dengan cermat untuk mewujudkan tagline dan janji merek Citroën yaitu Dare to Care. Tagline tersebut mencerminkan tiga prinsip merek Citroën yakni Accessibility, Care, dan Audacity yang tertanam di dalam DNA semua model Citroën di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Christophe Musy, Head of ASEAN and General Distributors of Stellantis menyampaikan, Citroën berani tampil beda karena telah mempersiapkan berbagai pilihan mobilitas dengan fokus kepada kenyamanan masyarakat pengguna saat mereka beraktivitas. Citroën pun berkomitmen untuk membuat kehidupan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik.

Jajaran produk awal Citroën di pasar diharapkan dapat memenuhi berbagai kebutuhan dan mobilitas individu masyarakat Indonesia, termasuk di antaranya model ë-C4 yakni kendaraan murni listrik yang merupakan jawaban untuk mobilitas masa depan.

Baca Juga: Intip Harga Mobil Listrik Wuling Air EV, Rekomendasi Hatchback Termurah

"Model ini juga menjadi batu loncatan yang sangat penting untuk tercapainya carbon net zero emissions pada tahun 2038, seperti yang telah dikemukakan sebagai hal yang fundamental di dalam rencana strategis Dare Forward 2030 Stellantis,” kata Christophe Musy dalam siaran pers yang diterima Kontan, Kamis (8/12).

Stefan Hutahayan, Business Development Head, Indomobil Group menambahkan, berdasarkan tiga nilai dasar yang dianut, Citroën berkomitmen penuh untuk menyajikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dengan memberikan solusi cerdas melalui inovasi produk dan teknologi.

"Ketiga produk baru yang kami luncurkan akan memberikan mobilitas penuh gaya dan mudah dijangkau oleh masyarakat luas,” imbuh dia.

Mengungkap Fitur Model-Model baru Citroën

New Citroën C3

Sebagai informasi, New Citroën C3 menandai dimulainya sebuah babak baru bagi Citroën. Model ini mewujudkan semangat merek Citroën yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar Asia. New C3 adalah model pertama dari program “C-Cubed” Citroën yang dicanangkan pada tahun 2019.

Tiga C dalam program tersebut mencerminkan posisi Citroën – Cool, Comfort, dan Clever yang mengacu pada desain model yang unik, pengalaman Citroën, dan konsep produk yang dipersiapkan khusus sesuai kebutuhan dan selera pasar lokal.

Desain New Citroën C3 mencerminkan kepribadian muda dan dinamis dari profil pelanggan. Pemilik C3 mendambakan kepraktisan, kenyamanan, dan konektivitas yang seluruhnya menyatu dalam sebuah kendaraan. B-hatch yang penuh warna dan serba praktis ini juga memberikan kemudahan bagi pemiliknya untuk memesan kendaraan sesuai dengan selera dan kebutuhan dalam mengekspresikan kepribadian dan gaya hidup mereka.

Baca Juga: Cek Harga Mobil Daihatsu Ayla Terkini, Pilihan LCGC Termurah

New C3 dibekali mesin bertenaga 81 HP yang efisien dengan torsi maksimum 115 Nm. Dengan kombinasi transmisi manual 5 percepatan, New Citroën C3 merupakan kendaraan yang hemat bahan bakar dengan konsumsi sebesar 19,8 km per liter.
 
“New Citroën C3 memberikan pelanggan keleluasaan kustomisasi yang komprehensif dan tak tertandingi di kelasnya. Kami yakin ini akan menjadi ikon gaya baru bagi konsumen muda dan progresif di Indonesia,” terang Stefan.

Sementara itu, sejak debutnya pada tahun 2022, SUV New Citroën C5 Aircross telah diakui sebagai salah satu SUV ternyaman di kelasnya. Diciptakan untuk keluarga, kendaraan ini memiliki desain yang unik dan tegas serta menawarkan pengalaman kenyamanan terbaik.

New C5 Aircross adalah ciri khas dari DNA merek Citroën. Diakui sebagai SUV paling nyaman dan fleksibel di kelasnya, C5 Aircross mengedepankan karakteristik unik Citroën yang membuatnya menonjol diantara para pesaing di kelasnya.  

Eksklusif untuk kendaraan Citroën, Progressive Hydraulic Cushions® meningkatkan penyerapan ketidaksempurnaan di jalan untuk memastikan seluruh penumpang dalam perjalanan merasakan kenyamanan layaknya berada di atas karpet terbang.

New C5 Aircross adalah satu-satunya SUV di segmen ini yang menawarkan tiga kursi individu yang dapat digeser, direbahkan, dan dilipat, sehingga menetapkan standar SUV keluarga yang berbeda di kelasnya. Volume bagasi terbaik di kelasnya mulai dari 580 liter dan dapat diperluas  menjadi 1630 liter dengan melipat kursi belakangnya.

Baca Juga: Kia Resmi Umumkan Harga Kendaraan Listrik Pertamanya di Indonesia

Di bawah kap mesin, New C5 Aircross didukung dapur pacu Turbo PureTech dengan kapasitas 1.6 Liter yang mampu mencapai puncak tenaganya sebesar 165 HP dan torsi maksimum sebesar 240 Nm, yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Lebih lanjut, pada tahun 2020, Citroën memperkenalkan program “Citroën goes Ëlectric for all” dengan peluncuran  enam mobil listrik, salah satunya adalah Citroën ë-C4 yang sepenuhnya bertenaga listrik.

New Citroën e-C4

Peluncuran ini menandai tahap baru dalam strategi elektrifikasi Citroën yang semakin agresif sebagai sebuah compact hatchback kompak yang dilahirkan kembali. Saat ini, ë-C4 menempati  40% dari seluruh unit C4 yang terjual di Eropa.

New Citroën ë-C4 merupakan sebuah langkah besar dalam desain Citroën dengan posisi kendaraan yang tinggi diatas roda berdiameter besar dan nampak siap menerkam. Didesain dengan kombinasi garis-garis yang enerjik dan aerodinamis, tipe mobil ini menggabungkan standar SUV dengan desain yang tegas serta memberikan banyak pilihan untuk kustomisasi.

New ë-C4 juga dilengkapi dengan suspensi unik Citroën yaitu Progressive Hydraulic Cushions®, kursi Advanced Comfort, dan Citroën Smart Pad Support™.

Pengalaman berkendara pada model ini bakal ditingkatkan dengan 6 teknologi bantuan berkendara, termasuk Adaptive Cruise Control, City Stop, Active Lane Positioning Assist, Driver Attention Allert, Traffic Sign Recognition, Blind Spot Detection dan enam teknologi konektivitas.

Kualitas-kualitas ini diperkuat di New Citroën ë-C4, dengan mesin elektrik penuh, menghadirkan semua keunggulan ë-Comfort yaitu keheningan, kehalusan, kemudahan, dan kenikmatan penggunaan, yang dinikmati baik oleh pengemudi maupun penumpang di dalam mobil.

New Citroën ë-C4 dipacu oleh mesin yang efisien tanpa emisi CO2 dan mampu menempuh jarak 350 km (ukuran WLTP) dengan nyaman. Motor listriknya memiliki tenaga hingga 130 HP dan torsi maksimum sebesar 300 Nm yang memastikan akselerasi yang mantap.

Baca Juga: Ada Rumor Diakuisisi Indomobil Group, Begini Kata Mercedes-Benz Indonesia

Hasilnya kecepatan 0-100 km per jam dapat ditempuh dalam waktu 9 detik dengan menggunakan Power mode dan mencapai kecepatan maksimum 150 km per jam. Citroën ë-C4 menggunakan baterai 50 kWh voltase tinggi 400 V Lithium-Ion.

Mobil listrik ini dilengkapi dengan mode pengereman yang mendukung deselerasi tanpa harus menekan pedal rem dan meningkatkan jangkauannya. Sistem ini memungkinkan pemulihan energi selama fase pengereman dan deselerasi.

Pengemudi ë-C4 dapat memilih salah satu dari tiga mode yaitu Eco, Normal, dan Power yang dapat diaktifkan dengan menekan tombol yang terdapat di konsol tengah. Setiap mode mengatur berbagai parameter termasuk AC dan daya, termasuk tenaga dan performa yang efektif.

Hal ini memungkinkan pengemudi untuk memilih kombinasi berkendara dinamis atau berkendara ramah lingkungan yang optimal. Untuk ketenangan bagi pemilik New Citroën ë-C4, garansi baterai traksi diberikan selama 8 tahun atau 160.000 km.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×