kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Coca-Cola jadikan susu sebagai produk andalan


Jumat, 18 Maret 2016 / 14:31 WIB
Coca-Cola jadikan susu sebagai produk andalan


Sumber: Kompas.com | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Perusahaan minuman bersoda terbesar Coca-cola atau Coke saat ini sedang intens menggarap produk susunya jadi merek bernilai miliaran dollar. 

Langkah Coca-cola menjadikan susu sebagai produk andalan bernilai miliaran dollar disebabkan tren menurunnya konsumsi minuman bersoda seiring naiknya kesadaran masyarakat akan kesehatan. 

Bukan sembarang susu yang akan dipasarkan oleh Coca-cola atau sering disebut Coke. Perusahaan ini sudah menggabungkan kekuatan dengan penyulai produk susu terpercaya untuk menciptakan merek susu Fairlife. 

Susu ini, merupakan susu tinggi protein, rendah gula, dan bebas laktosa. harganya dipasarkan 4 dollar AS per botol seberat 52 ons. Diklaim memiliki manfaat dua kali lipat susu organik. 

Pada penjualan pertamanya, Fairlife mencetak penjualan 90 juta dollar dan mendorong bertambahnya kategori susu baru oleh merek lain, terutama susu dengan lebih banyak kalsium dan bebas laktosa. 

Coke menjadi sebagian pemilik Fairlife melalui grup Venturing and Emerging Brands. Grup ini juga menyokong merek Zico coconut water, Honest Tea, dan minuman jus Fuze. 

CEO Fairlife, Steve Jones, sebelumnya bekerja di Coke selama tahun 2000-2003. Di Coke, Jones memainkan peran mendorong sukses minuman jus jeruk Minute Maid dan jus Simply sebagai merek minuman bernilai miliaran dollar, menantang Tropicana yang dimiliki rivalnya PepsiCo. 

"Ini menunjukkan, anda bisa mengambil komoditas dan mentransormasikannya jadi kategori produk dengan pertumbuhan tinggi," kata Jones. "Kami bisa melakukan hal yang sama dengan susu," tegas dia. 

Melanie Kahn, wakil presiden pemasaran Fairlife, mengatakan pihaknya melirik susu sebagai produk alami dan makanan super. 

Kompetitor

Langkah Jones untuk membesarkan produk susu akan mendapatkan tantangan dari Greg Schwarz, mantan petinggi Coke yang sukses mendorong merek Hi-C. 

Dean Foods, perusahaan pengolahan produk susu terbesar di Amerika Serikat (AS) menempatkan Schwarz sebagai panglima pemasaran untuk produk susunya bernama DairyPure. Minuman ini bebas hormon dan antibiotik. 

Dean foods juga merilis susu bebas laktosa pada tahun ini. Perusahaan ini mengoperasikan pabrik pengolahan di 60 tempat di AS. "Kami mengerti pasar lokal lebih dari siapapun," tukas Schwarz. (Penulis: Aprillia Ika)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×