kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45918,34   9,03   0.99%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daging mahal, KKP dorong masyarakat konsumsi ikan


Minggu, 29 Mei 2016 / 17:11 WIB
Daging mahal, KKP dorong masyarakat konsumsi ikan


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Havid Vebri

JAKARTA. Kementerian Keluatan dan Perikanan (KKP) memberikan tawaran alternatif kepada masyarakat menjelang masa puasa dan Lebaran. KKP mengajak masyarakat gemar makan ikan di tengah meroketnya harga daging.

Memang mengkonsumsi ikan belum masuk dalam tradisi masyarakat Indonesia dalam menyambut hari besar keagamaan, kecuali daging. Kendati begitu, pemerintah memberikan pilihan alternatif untuk makan ikan.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Nilanto Prabowo mengatakan tidak mudah mendorong masyarakat menggantikan daging dengan ikan untuk merayakan hari besar keagamaan. Namun ia optimistis, perlahan-lahan perubahan tersebut dapat terjadi asalkan pemerintah terus memberikan pemahaman dan menwarkan ikan dengan harga terjangkau.

"Sebagai negara maritim dan kepulauan, Indonesia memiliki kekayaan sumber daya kelautan dan perikanan yang beraneka ragam dan melimpah seperti ikan," ujar Nilanto, Jumat (27/5).

Ia mengatakan, potensi kelautan yang besar harus mampu melahirkan generasi bangsa yang berkualitas dan berdaya saing. Produk ikan yang berlimpah dan sangat memungkinkan masyarakat Indonesia untuk menikmati kelezatan dan kekayaan nutrisi yang terkandung dalam ikan.

Nilanto menjelaskan, berbagai upaya telah dan akan terus dilakukan KKP untuk mendukung terwujudnya kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan sumber daya ikan.

Menurutnya, penegakan hukum, reformasi perizinan, moratorium kapal, pengaturan penjualan ikan di atas ukuran tertentu, pemberantasan illegal fishing, penenggelaman kapal pencuri ikan, pelarangan penggunaan alat tangkap ikan yang destruktif dan tidak ramah lingkungan merupakan beberapa contoh upaya yang telah dilaksanakan untuk mewujudkan laut sebagai masa depan bangsa

Dalam rangka peningkatan konsumsi ikan nasional, Nilanto bilang, Direktorat Jenderal PDSPKP KKP telah melaksanakan kegiatan Safari Gemarikan pada acara car free day tanggal 15 Mei 2016 di Gedung Sarinah, lalu.

Tujuan kegiatan ini adalah penyampaian informasi edukatif tentang ikan, kandungan gizi dan manfaatnya bagi kesehatan dan kecerdasan. Kegiatan dihadiri oleh UKM produk kelautan dan perikanan, organisasi mitra gemarikan dan masyarakat umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×